Selasa, 18 Oktober 2022

PMI Kecamatan Diminta Bentuk Relawan Siaga Bencana

Tags


BN Online, Gowa, -Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta PMI kecamatan membentuk Relawan Siaga Bencana Masyarakat (Sibat). 


Hari ini saat dirinya melantik Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Pallangga di SMPN 1 Pallangga serta Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Barombong di Al Fityan Barombong, Senin (17/10/2022). 


"Kepada pengurus kecamatan yang telah dilantik saya minta bisa bersama-sama besarkan organisasi PMI, sehingga diharapkan untuk merekrut relawan Sibat di masing-masing desa atau kelurahan sebanyak 25 orang," tulisnya. 


Selain itu, Abd Rauf yang juga Wabup Gowa mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang bergerak dengan tulus dan ikhlas namun ketika terjadi musibah atau permasalahan PMI menjadi garda terdepan melalui relawan-relawannya. 


"PMI berbicara suka dan rela karena tidak ada gaji. Mari kita bekerja untuk kemanusiaan dengan penuh keikhlasan, dan agar ketika ada masalah yang terjadi secara sukarela dan pengurus PMI menjadi garda terdepan," lanjutnya. 


Sementara Ketua PMI Kecamatan Pallangga, Tri Octaviyani mengaku siap berkontribusi dan menjalankan tugas-tugas kemanusiaan khususnya di Kecamatan Pallangga. 


"Insya Allah kami PMI Kecamatan Pallangga akan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kinerja serta memberikan pelayanan di bidang kemanusiaan terhadap seluruh masyarakat kecamatan Pallangga," tulisnya. 


Ia menyebutkan, akan bersinergi dan berkolaborasi bersama pemangku kepentingan seperi pelaksanaan donor darah, membentuk relawan dan kegiatan kemanusiaan lainnya. 


"Kami bersama seluruh lintas sektor Pallangga akan berupaya berkolaborasi dan menyatukan, bahu membahu melaksanakan kegiatan kemasyarakatan yaitu kegiatan kepalangmerahan, pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, pertolongan pertama berbasis masyarakat, donor darah dan kegiatan kemanusiaan lainnya," sebutnya. 


Sementara Ketua PMI Kecamatan Barombong, Hj Nurbaya menambahkan rasa bangganya karena diberikan amanah sebagi Ketua PMI di wilayahnya. Menurutnya, ia dan pengurus lainnya akan bekerjasama untuk menggiatkan pendidikan kepalangmerahan. 


"Kami mohon dukungannya dalam perjuangan kemanusiaan. Bantu kami pengurus PMI Kecamatan Barombong dan mari kita menjadi mitra utama dalam mendidik generasi melalui pendidikan kepalangmerahan baik dari tingkat Mula, madya dan wira sampai menjadi korps Sukarela PM," harapnya.(Sam)


Editor  : Nasution