Rabu, 19 Oktober 2022

“Presidensi G20 Indonesia Wujudkan Transformasi Digital Yang Inklusif, Memberdayakan, dan Berkelanjutan”

Tags


 

BN Online, Fak-Fak - Tema : 

Inklusi dan edukasi Digital Perempuan Pengusaha di Kota Fak-Fak Papua Barat



Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Fak-Fak, Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Fak-Fak , Instruktur dan staf Kominfo BBPSDM, Makassar di hotel Grand Papua Fak-Fak, Selasa (11/10/2022)


Era digital dan globalisasi telah merambah di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia yang pada tahun 2022 terpilih sebagai penyelenggara presidensi G20. Memontum ini menjadikan Indonesia sorotan warga dunia dengan segala program yang dilaksanakan melalui swadaya masyarakat terlebih lagi pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika. Wujud transformasi digital merambah keseluruh generasi mulai dari generasi milenial, generasi dewasa, generasi perempuan Indonesia. 


Terkhusus untuk perempuan Indonesia diberikan pelatihan digital dengan platform MicroMentor melalui program Women In Digital Entrepreneurship (WIDE). Pelatihan ini bertujuan memberdayakan perempuan dalam mengembangkan usaha mulai dari Mikro sampai menengah atau tercatat sebagai UMKM, dengan fokus pada mentoring usaha yang berkelanjutan menggunakan smartphone android. Pendampingan dilakukan secara mandiri oleh peserta. 


Materi pelatihan digital secara bertahap dan demikian juga penggunaan platform ini dijalankan secara bertahap, dengan cara peserta mendaftar pada platform Micromentor dan selajutnya berhubungan dengan jaringan para pengusaha dan mentor di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia pada platform ini. Mentoring dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha sesuai dengan segmen usaha masing-masing dengan sukarelawan mentor yang tercatat sebagai pemilik akun micromentor. Mentoring dilakukan tanpa batas waktu dan tidak membatasi wilayah sehingga memudahkan pelaku usaha dan para mentor melakukan kegiatan mentoring ini tentu disesuaikan dengan kesepatakan yang dibuat oleh kedua belah pihak. Aktivitas menggunkan platform micromentor tidak dikenakan biaya (Gratis) oleh para pengguna.Dari segi waktu dan biaya sangat efektif dan efisien dengan jangkauan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Apa lagi sumber daya smartphone berbasis digital ini tersedia di semua tempat dan dimiliki oleh para pengusaha.


 Digital menjangkau tanpa batas wilayah termasuk daerah yang terpencil, hal ini inisiatif dan salah satu program dari pihak pemerintah melalui Kominfo dan persetujuan pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Fakfak Papua Barat dengan melibatkan perempuan pengusaha dalam rangka pelatihan untuk memberdayakan perempuan secara berkelanjutan tanpa pengembangan oleh para pihak dan dilakukan secara mandiri. Kolaborasi ini mewujudkan mewujudkan transformasi masyarakat dengan keterlibatan secara aktif memberikan ekosistem digital yang baik demi Indonesia yang lebih baik sekaligus menyambung pelaksanaan presidensi G20 sebagai bukti nyata di Indonesia. Literasi dan edukasi ini salah satu tindakan nyata yang telah dilakukan kementrian Kominfo di seluruh Indonesia. 


Tujuan ini antara lain literasi dan edukasi pelatihan digital langsung perempuan pengusaha, menciptakan relawan di daerahnya guna memberikan pengalaman terbaik dari materi digital kepada masyarakat yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan, memotivasi perempuan pengusaha untuk menciptakan jaringan usaha sesuai dengan segmen bisnisnya, menggerakan perekonomian di Fak-Fak Papua Barat dan meningkatkan pendapatan asli daerah.


Kegiatan inklusi dan edukasi ini sebagai salah satu contoh daerah dan mendorong daerah-daerah lainnya di Indonesia untuk proaktif mencari kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat dan komunitas terutama komunitas terkhusus perempuan pengusaha dengan kolaborasi perusahaan terkait agar diberikan alokasi dana dan perberdayaan serta menciptakan ekosistem digital berkelanjutan . 



Ditulis oleh :

Budhi Krisnanto, SE, MM 

Kontributor Jurnalis & Nara Sumber Kominfo.