Selasa, 15 November 2022

Mamang Ilang,Namang Ijo,Beta Tengaha,Beta Besilo."Esot si Munahma Rugi Ku Muharta.

Tags

Mamang Ilang,Namang Ijo,Beta Tengaha,Beta Besilo."Esot si Munahma Rugi Ku Muharta.
BN Online ; Takengon- koro empu ni Tanuk kude bongkok kekawilen,karena itu seorang pemimpin pemerintah dan kemasyarakatan harus memiliki empat sipat dan kemampuan yaitu:
1.Cerdik ialah rajin mempelajari ilmu aqidah,ibadah,syari'ah dan ma'isyah,(kehidupan dan lapangan pekerjaan) dan membaca,meneliti serta menyelesaikan masalah secara bijak.

2.Lisik yaitu berakhlak  mulia,disiplin,rajin,kreatif dan produktif.

3.Bidik yaitu cepat dan teratur terukur dalam berpikir,berencana,berbuat tepat waktu,berwawasan luas dan jauh melihat kedepan,

4.Mersik yaitu tangguh,istiqamah,memegang teguh prinsip,sehat jasmani dan rohani,berani atas dasar kebenaran dan bertanggung jawab.

Hal tersebut diatas yang masing-masing mempunyai empat unsur,amat penting dalam proses kehidupan mulai dari awal kejadian manusia sampai dengan akhir kehidupan yang harus di isi dengan iman sebagai nilai,syari'ah sebagai norma dan ibadah sebagai tujuan yang membentuk pola hidup termasuk kewajiban keluarga(sinte)untuk membina pola dan mengunjudkan tujuan hidup dimaksud.

Karena itu adat menetapkan suatu prinsip yang tersimpuk dalam kata-kata "edet opat mujegei si opat" maksudnya sarak opat yang terdiri dari Reje musuket Sipet(adil).Imem muperlu sunet(memimpin melaksanakan ajaran Islam),petue musidik sasat(meneliti dan merencanakan,)
Rakyat Genap Nupakat(musyawarah secara demokratis)wajib memelihara dan melaksanakan serta memimpin masyarakatnya untuk melaksanakan program secara padu di antara empat aspek  yang dikemukakan.

Edet opat( empat unsur Pemerintah)memelihara dan melaksanakan edet si opat tersebut di simpulkan dengan kewajiban memelihara empat hal yaitu:

1.jege muru'ah atau Marwah atau nahma(memelihara nama baik atau wibawa).

2.Jege Agama(memelihara dan melaksanakan ajaran Agama).

3.Jege bangsa(memelihara ketertiban dan keamanan bangsa)

4.Jege harta(memelihara harta dan hak asasi manusia).

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni