Rabu, 23 November 2022

MENUJU DESA TANGGUH BENCANA KASDIM 0106/ ATENG ISI ACARA PEMBINAAN PENGETAHUAN BENCANA (DESTANA).

Tags

MENUJU DESA TANGGUH BENCANA KASDIM 0106/ ATENG ISI ACARA PEMBINAAN PENGETAHUAN 
BENCANA (DESTANA).
BN Online ; Takengon- Kasdim 0106/Ateng Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd., AIFO. Isi acara pembukaan Pembinaan Pengetahuan Kebencanaan Menuju Desa Tangguh Bencana (Destana) bertempat di Aula Hotel Linge Land Ds. Blang Kolak II Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah.senin (21/11/22).

Sambutan yang disampaikan oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, mengucapkan terima kasih kami sampaikan kepada LSM Lipga Aceh Tengah yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Aceh Tengah dan jajaran yang sudah menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengetahuan kebencanaan menuju Desa Tangguh Bencana (Destana) di kabupaten Aceh Tengah ini, karena Aceh umumnya adalah daerah rawan bencana. Terlebih Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki topografi pegunungan, kalau hujan  deras sedikit saja, banjir dan longsor sudah jadi langganan, sebaliknya, kalau musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan pemukiman warga.

Oleh karena itu, melalui kegiatan pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana sub kegiatan pengelolaan resiko bencana berbentuk "pembinaan pengetahuan kebencanaan menuju Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Aceh Tengah", sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah. Melalui penanganan yang cepat dan tanggap diharapkan kebutuhan masyarakat di wilayah bencana dapat terlayani sehingga bisa mencegah kerugian yang lebih besar." Ucapnya".
Kasdim 0106/Ateng  Mayor Inf Peka Aswan, S.Or.,M.Pd., AIFO, menambahkan Perlunya sinergeritas antar stake holder terkait dengan penanggulangan bencana penting untuk mendukung dalam mewujudkan sebuah sistem dan prosuder tetap yang dipahami oleh masyarakat seluruhnya yang menetap di sekitar daerah rawan bencana. Sistem dan prosedur yang efektif, efisien serta dapat diandalkan akan sulit diwujudkan tanpa adanya kerja sama yang erat antar kementrian, lembaga masyarakat dan instansi-instansi pemerintah lainnya termasuk TNI.

Menurut UU RI no. 34 tahun 2004 Salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu dalam menanggulangi bencana alam. Selanjutnya dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan stake holders terkait agar upaya yang dilaksanakan memberikan hasil yang optimal." Ungkapnya".

Lanjutnya, Adapun tahapan dalam Tanggap darurat di TNI, yaitu Tahap Pra Bencana, Tahap Tanggap Darurat dan  Tahap Pasca Bencana, semuanya  Implementasi penanggulangan bencana adalah tanggung jawab semua lapisan masyarakat dan khususnya TNI sebagai salah satu instansi pemerintah yang memiliki struktur organisasi dan kemampuan yang dapat mendukung dan TNI memiliki peran yang sangat penting dalam mensosialisasikan mitigasi bencana menjangkau sampai seluruh lapisan masyarakat guna terwujudnya kewaspadaan nasional." Tutup Kepala Staf Kodim 0106/Ateng".

Dalam acara tersebut tampak hadir, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, Anggota DPR Aceh Bardan Sahidi, Mewakili Dandim 0106/Ateng, Kasdim 0106/Ateng a.n. Mayor Inf Peka Aswan, S.Or.,M.Pd., AIFO, Kabag Ops Polres Aceh Tengah  Kompol M. Aidil, Kadis BPBD Aceh Tengah Ir. Andalika, ST, Analis BPBD Aceh Tengah Tirtaniko Pratama, SE, M.Si dan Tamu undangan.

Editor : Riga Irawan Toni