Senin, 14 November 2022

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Lentera Jiwa Dinkes Sasar Kantor Bupati Bantaeng

Tags


BN Online Bantaeng- Tepat hari ini, tanggal 14 November 2022, diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Hari Diabetes Sedunia 2022 mengangkat tema 'Access to Diabetes Care' yang artinya akses ke perawatan diabetes. Tema ini telah kukuhkan dari 2021-2023.


Tema peringatan Hari Diabetes Sedunia 2022 didasari persoalan intervensi medis yang kini sedang dihadapi oleh pengidap diabetes. Diketahui, jutaan orang dengan diabetes di seluruh dunia tidak memiliki akses perawatan diabetes yang memadai. Padahal, diabetes memicu kondisi kesehatan turun drastis sehingga pengidapnya perlu mendapat perawatan dan dukungan berkelanjutan. Hal itu untuk mencegah risiko fatal atau komplikasi.


Dinas Kesehatan Bantaeng melalui Inovasi Lentera Jiwa (Layanan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan Napza di Perkantoran) turut meramaikan Hari Diabetes Sedunia dengan melaksanakan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular di Kantor Bupati Bantaeng dan disejumlah tempat lainnya. Dalam deteksi kali ini diperiksa tekanan darah, berat badan, lingkar perut, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol.


Kadis Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan di kantor-kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.


“Kegiatan Lentera Jiwa ini sudah rutin kami laksanakan di kantor-kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, untuk memastikan para pegawai sehat dan mencegah secara dini beberapa penyakit menular,” ungkap Ihsan.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2) Dinas Kesehatan, dr. Armansyah, M.Kes turut memberikan kiat mengatasi berbagai penyakit tiduk menular dengan slogan “CERDIK”.


“Untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit tidak menular, kita cukup memedomani perilaku CERDIK,” jelas Arman.


Slogan CERDIK merupakan singkatan dari :

C : Cek kesehatan secara berkala

E : Enyahkan Asap Rokok

R : Rajin Aktivitas Fisik (Minimal 30 Menit Setiap Hari)

D : Diet Sehat dan Seimbang

I : Istirahat yang cukup

K : Kelola Stres dengan Baik


Editor Edhy Bidik Nasional