Jumat, 23 Desember 2022

Rektor Universitas Ichsan Satya Dr.Rahmad Salam:Bincang PKKG Perkuat Evaluasi dan Langkah Perbamyak Anak Gayo-Alas Masuk PTN Favorit"

Tags

Rektor Universitas Ichsan Satya Dr.Rahmad Salam:Bincang PKKG Perkuat Evaluasi dan Langkah Perbamyak Anak Gayo-Alas Masuk PTN Favorit"
BN Online ; Aceh Tengah-Rektor Universitas Ichsan Satya (UIS) Dr. Rahmat Salam, M.Si. mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan bincang pendidikan dengan tema "Peluang Anak Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Masuk PTN Favorit" yang diselenggarakan Pusat Kajian Kebudayaan Gayo. 

"Bincang ini penting. Dari data tahun ini (2022), kita bisa tahu pelajar dari Gayo-Alas, lulus ke perguruan tinggi negeri mana saja, berapa banyak tiap sekolah, dan berapa per kabupaten di Gayo-Alas. Termasuk, dari Lokop Serbejadi Aceh Timur dan Kalul Aceh Tamiang," kata Dr. Rahmat Salam.

Lebih dari itu, jelas Dr. Rahmat Salam, bisa diketahui, berapa banyak yang lulus perguruan tinggi favorit. "Katakanlah top ten Indonesia, berapa banyak, dari sekolah mana saja, kabupaten mana di Gayo-Alas. Jadi, bisa dievaluasi kelemahannya sekaligus upaya yang ditempuh, sehingga tahun 2023 lebih banyak lagi anak-anak Gayo-Alas yang masuk perguruan tinggi favorit di Indonesia. Terutama, yang top ten tadi," sebutnya.

Secara terpisah, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Yusradi Usman al-Gayoni, menyebutkan, bincang pendidikan bertema "Peluang Anak Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Masuk PTN Favorit" merupakan kegiatan ke-39 Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, selama bulan kesembilan. 

"Selain pendidikan, sebelumnya sudah dibahas secara berseri tentang budaya, sejarah, kopi, bahasa, seni, kuliner, keanekaragaman hayati, alat musik tradisional, busana, dan sastra lisan,” tutur Yusradi. 

Dilanjutkan anggota Tim Pengembangan Kawasan Gayo-Alas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (2018-2024) itu, kegiatan bincang "Peluang Anak Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Masuk PTN Favorit" tersebut, digelar besok malam, Jumat, tanggal 23 Desember 2022, secara daring melalui Zoom Meeting, dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Tajuddin Banta Cut, M.Sc. (IPB), Prof. Dr. Abdul Hakim K, M.Pd. (Mantan Wakil Rektor Universitas Medan), dan Prof. Dr. Ir. Abubakar Karim, M.S. (Universitas Syiah Kuala). Lebih lanjut, bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88506246136?pwd=TWR5eXIyZHNsZ3VHSlV1MHkwSlFpUT09, Meeting ID: 885 0624 6136, dengan Passcode: 193086.

Penulis : Ahariddin.
Editor    : Riga Irawan Toni