Minggu, 07 Mei 2023

Berdiri Sejak Tahun 1996,Yayasan Mentari Berangkatkan Jamaan Haji Asal Indonesia 27 Kali.

Tags

Berdiri Sejak Tahun 1996,Yayasan Mentari Berangkatkan Jamaan Haji Asal Indonesia 27 Kali.
BN Online ; Takengon-Yayasan Mentari menggelar milad ke-27 sekaligus halalbihalal urang Gayo Jabodetabek 1444 H dengan tema "Beluh sara loloten, mewen sara tamumen. Murum mi kite. Kuur semangat." "Tahun 1987, istri, Hj. Mardiah naik haji. Di Mekkah, istri melihat, jamaah tidak terurus. Rukunnya, tidak tahu seperti apa. Begitu juga yang wajib," kata H. Abdul Gani, Pembina Yayasan Mentari, dalam sambutannya di Yayasan Mentari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (7/5/2023).

Dilanjutkan H. Abdul Gani, di Mekkah, Hj. Mardiah yang juga Ketua Yayasan Mentari, berdoa kepada Allah SWT, agar diperkenankan bisa membawa jamaah asal Indonesia untuk naik haji ke baitullah. "Alhamdulillah, tahun 2006, KBIH Mentari berdiri. Pertama kali, membawa 14 jamaah. Sampai saat ini, sudah membawa jamaah haji sebanyak 27 kali," ungkapnya.

Padahal, bebernya, tanpa promosi sama sekali. "Di Jakarta Utara, Yayasan Mentari cukup dikenal. Istri kebetulan punya Majelis Taklim. Ada 11 Majelis Taklim. Kebanyakan yang berangkat, jamaah taklim. Yang paling banyak, dari Madura dan Makassar," tuturnya.

H. Abdul Gani mengharapkan doa dari seluruh peserta Milad ke-27 Mentari dan Halalbihalal Urang Gayo Jabodetabek 1444 H. "Mohon doanya, semoga Yayasan Mentari bisa bertahan, terus bisa eksis, dan memberikan manfaat buat masyarakat. Soalnya, saat ini, peraturan terkait makin banyak," harap H. Abdul Gani. 

Milad ke-27 Mentari dan Halalbihalal Urang Gayo Jabodetabek diketuai Zulkifli dan  Sekretaris Rita Neti. Turut dihadiri Ketua Majelis Adat Gayo (MAG) Aceh Tengah Banta Cut Aspala, Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. M. Dien Madjid, Rektor Universitas Ichsan Satya Dr. Rahmat Salam, Mantan Presiden Direktur WIKA Bangunan Ridwan AM, Owner Taradita Group dr. Eddi Junaidi, SpOG., S.H., M.Kes, Ketua Koperasi Nahma Gayo Raya Yusradi Usman al-Gayoni, dan sejumlah tokoh serta peserta lainnya, dari Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Aceh, sejumlah 200-an peserta. Termasuk, anggota Koperasi Nahma Gayo Raya (KNG Raya), Komunitas OWOJ Indonesia, dan Majelis Taklim di bawah pimpinan Hj. Mardiah.

Selain ramah tamah dan bazar, juga diisi hiburan Fauzi Keyboard, didong banan dari Koperasi Nahma Gayo Raya (KNG Raya) dengan ceh Hunaini Inen Firman. Turut dihadiri penyayi dari tanoh tembuni, Zakirah. Termasuk, penampilan didong oleh Ceh Udin Musara, Mude Remaya, Utih Burak Terbang, Armoza, dan Sudirman.

Penulis : Aharuddin.
Editor.   : Riga Irawan Toni