Kamis, 25 Mei 2023

Disdukcapil Bantaeng Capai Indek Pelayanan Publik 3,74 Dalam Kategori Baik,Begini Ungkapan Drs Ali Imran M.Si

Tags


BN Online Bantaeng,- Pemerintah Kabupaten Bantaeng ( Pemkab ) dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengundang Forum Komunikasi,Informasi dan Edukasi Pemangku Kepentingan Masyarakat ( Forum Konsultasi Publik ).


Dalam penyusunan Standar Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan sebagai tindak survey kepuasan masyarakat dan pengolaan pengaduan,kegiatan ini berlangsung diMall Pelayanan Publik ( MPP ) Jalan Kartini Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.Kamis 25 Mei 2023.


Hasil evaluasi kinerja pelayanan publik ditinjau dari beberapa aspek,Kebijakan Pelayanan dengan nilai indeks per aspek 4,1 kategori sangat baik, Profesionalmi SDM 3,52  dengan kategori baik, Sarana prasarana 3,99 dengan kategori baik,Sistim informasi pelayanan publik 3,69 dengan kategori baik, Konsultasi dan pengaduan 2,67 dengan kategori Cukup,Inovasi 4,5 sangat baik.


Dari hasil evaluasi kinerja pelayanan publik untuk Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Indeks Pelayanan Publik 3.74/ B ( Baik ).


Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng,Drs.Ali Imran M.Si.Dari Enam aspek yang dinilai pada tahun 2022 sehingga kita mendapatkan komulatif indeks pelayanan publik 3.74/ dengan kategori Baik,"saya sebenarnya berharap ditahun lalu kita sudah bisa naik menjadi pelayanan prima,tapi karena ini adalah upaya kita bisa tercapai,tetapi kita masih berada pada kategori baik".ucap Kadisdukcapil Ali Imran.


Lanjut dia mengatakan,"Iniah nilai yang maksimal yang kita dapatkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng,oleh karena itu posisi ini,tentu saja kami dari internal Disdukcapil belum puas, dan jujur saja kami belum puas dalam indeks pelayanan 3,74 dalam kategori yang kami capai,oleh sebab itu kami dari Disdukcapil berpacu dan memperbaiki indikator atau aspek yang perlu mendapatkan perhatian".lanjutnya.


"DiForum Konsultasi Publik ini, semoga ada masukan dan kritikan sebagai bahan evaluasi di internal kami,jadi pada dasarnya bagaimana Diforum ini memberikan penguatan kepada kami,sehingga,dalam hal penilaian ini evaluasi kinerja kami dari Kemenpan RB itu bisa maksimal,Jadi kami tidak ingin mengejar semata tetapi yang dilakukan oleh rekan - rekan dari Disdukcapil memberikan layanan terbaik,dan minimal mengurangi komplain dari berbagai masyarakat setempat bisa diminimalisir".terangnya.


Monitoring evaluasi pelayanan publik Forum Komunikasi Publik dihadiri dari Akademisi, Disabilitas,tokoh masyarakat,pers dan LSM.yang mewakili Kabag Organisasi.Seluruh Kepada Bidang Disdukcapil Bantaeng,Tim Perumus,dan Haryadi SE.M.A.P selaku Analisis kebijakan publik.


Editor Edhy Bidik Nasional