Senin, 18 Desember 2023

Gotong Royong Polsek Pegasing Bersihkan Rumah Warga Akibat Banjir Bandang

Tags

Gotong Royong Polsek Pegasing Bersihkan Rumah Warga Akibat Banjir Bandang
BN Online //Takengon – Personel Polsek Pegasing, Polres Aceh Tengah, bahu membahu bersama, Anggota Koramil Pegasing, Damkar, BPBD dan masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan material banjir bandang di dua Kampung Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, Senin (18/12/23).

Dalam kegiatan itu petugas bersama warga masyarakat bahu membahu melakukan pembersihan material batang kayu dan lumpur yang terbawa banjir bandang kewilayah perkampungan perumahan warga.

Kata Kapolsek Pegasing Ipda Denny Zhahryanto Situmorang, mengatakan, bandir bandang tersebut terjadi pada Minggu malam (11/11/23) sekira pukul 22.00 Wib, yang mengakibatkan sebelas unit rumah masyarakat dan empat unit pasilitas umum berupa Polindes, sekolah paud, Menasah serta jembatan mengalami abrasi dan digenangi matrial lumpur di dua kampung kecamatan setempat terdampak banjir bandang, Yakni kampung Lelumu dan Suka Damai. 

“Banjir bandang terjadi akibat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sejak Minggu sore (17/12/2023) hingga malam hari, mengakibatkan aliran air sungai, mulai dari kampung Lelumu meluap terus ke kampung suka damai mengalirkan air bercampur lumpur menggenangi rumah warga tersebut. dengan ketebalan lumpur 30 Cm” terang Kapolsek.

Selain itu air banjir bandang juga menggenangi persawahan warga masyarakat kampung Lelumu dan Suka damai seluas ± 3 Ha” ujar Ipda Denny.

Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, Melalui Kapolsek Pegasing Ipda Denny Zahryanto Situmorang, mengatakan, Kegiatan gotong royong ini guna melakukan pembersihan serta membantu warga masyarakat yang terdampak banjir bandang, Ia juga menghimbau agar masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap cuaca Extrim saat ini.

Lanjutnya, Dalam Kegiatan gotong royong itu 1 unit alat berat jenis excavator milik BPBD Aceh Tengah diturunkan guna membersihkan material kayu yang terbawa banjir bandang serta normalisasi aliran sungai, Kemudian 1 unit Mobil pemadam kebaran untuk pembersihan/penyemprotan rumah warga masyarakat dari material lumpur .

“Semoga dengan kegiatan gotong royong ini aktifitas masyarakat dapat kembali normal dan rumah warga yang terdampak banjir dapat segera bersih dan dapat dihuni kembali” ujar Ipda Denny.

Aharuddin.