Kamis, 14 Desember 2023

Quick Respon Polsek Linge Datangi Lokasi Bencana Tanah Longsor Di Jalan Nasional Takengon - Blang Kejeren

Tags

Quick Respon Polsek Linge Datangi Lokasi Bencana Tanah Longsor Di Jalan Nasional Takengon - Blang Kejeren
BN Online / Takengon -  Quick Respon Polsek Linge datangi Lokasi Bencana Tanah Longsor Jalan Nasional Takengon-Blangkejeren, tepatnya di Km 19+900 Kampung Kute Baru Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah. Pada Rabu (13/12/2023) malam pukul 21.45 WIB. 

Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, Melalui Kapolsek Linge Ipda Sofyan Kurniawan, mengatakan, bahwa bencana alam tanah longsor ini kembali terjadi karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. membuat material tanah dan batu di tebing dekat jalan tersebut turun menutupi badan jalan, sehingga menyebkakn arus lalu lintas lumpuh total dan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Lanjutnya, Setelah mengetahui adanya bencana longsor tersebut. Anggotanya dan Bhabinsa Koramil 05 Isaq bersama pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) 3. PPK 3.3 serta masyarakat  melakukan pengaturan lalu lintas, Pembersihan secara manual dengan alat seadanya, agar akses jalan dapat di lalui oleh pengguna jalan dengan aman dan terhindar dari kecelakaan. 

"Kita sudah berkordinasi dengan pihak BPJN 3 PPK 3.3 jalur Takengon - Blang Kejeren untuk mendatangkan alat berat, guna melakukan pembersihan material longsor dari badan jalan, agar arus lalulintas kembali normal" ujarnya. 

Kata Kapolsek, Personel juga memberikan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan, jika warga yang mau ke Blangkejeren dari Takengon, bisa melalui jalan alternatif, yakni melalui Kampung Gelampang Gading Kecamatan Linge, tembus ke Kampung Tanah Abu, Kecamatan Atu Lintang. 

"Sebaliknya warga yang datang dari Blangkejeren bisa melalui jalan Kampung Isaq, bisa juga melewati Kecamatan Bintang tembus ke Simpang Simpil, Kecamatan Linge," pungkasnya.

Aharuddin.