Minggu, 30 Juni 2024

Hadiri HARGANAS ke-31 di Semarang, Pj. Bupati Bantaeng: "Optimalkan Peran Keluarga"

Tags


BN Online Semarang,- Pj. Bupati Bantaeng, Andi Abubakar menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024 yang diperingati tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI) bertempat di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/6).


Tahun ini, Harganas ke-31 hadir dengan tema "Keluarga Berkuakitas Menuju Indonesia Emas". Kepala BKKBN Dr. (HC) Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam sambutannya menekankan bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mana merupakan tempat bernaung, saling mencintai dan melindungi. "Dari keluarga inilah akan dilahirkan putra putri generasi penerus yang berperan dalam mewariskan nilai-nilai luhur kehidupan kepada generasi muda penentu pembangunan bangsa dan negara," kata Dr. Hasto Wardoyo.


Kegiatan tersebut dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy mewakili Presiden Republik Indonesia. Turut hadir beberapa Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, Ketua TP-PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketua TPPS, Kepala OPD KB dan Kepala Dinas Kesehatan se-Indonesia.


Pada kesempatan itu, Menko PMK mengatakan bahwa Indonesia telah mengalami puncak bonus demografi lebih awal dari yang diperkirakan. "Kerja keras harus terus dilakukan untuk menyiapkan keluarga yang berkualitas, memiliki daya saing, ketahanan kokoh, keluarga sakinah yang menjadi tanggung jawab kita bersama dalam keluarga," ujar Prof. Muhadjir Effendy.


Sementara itu, Pj. Bupati Bantaeng mengucapkan Selamat Hari Keluarga Nasional ke-31 Tahun 2024 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng. "Saya berharap kegiatan Harganas ini dapat menjadi momentum penting dalam mengoptimalkan peran keluarga dalam Program Pembangunan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana, khususnya upaya pencegahan dan percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Bantaeng", tuturnya.


Kabid Pengendalian Penduduk K3, Fahmi Kurniawan juga melaporkan dari Semarang bahwa sepekan terakhir sejumlah rangkaian kegiatan menarik dan edukatif menjadi agenda utama pada perayaan puncak peringatan Harganas ke-31 Tahun 2024. Kegiatan tersebut meliputi pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) Tahun 2024 oleh Presiden Republik Indonesia yang diwakili Menko PMM, gala dinner dan pemberian Tanda Penghargaan Bangga Kencana Tahun 2024 serta gerakan dan langkah keluarga Indonesia dalam mencegah stunting. Selain itu, pelayanan keluarga berencana dan pameran Program Bangga Kencana dan Program Percepatan Penurunan Stunting (PPS) juga turut memeriahkan acara ini yang dihadiri puluhan ribu peserta dari seluruh Indonesia.


Turut mendampingi Pj. Bupati Bantaeng pada kesempatan itu antara lain Pj. Ketua TP. PKK Bantaeng, Andi Raodhayanti, Plt. Kepala DPPKB Dr. H. Muhammad Tafsir, Sekretaris DPPKB H. Muhammad Natsir, Kabid KBPP Faisal, serta Kabid Pengendalian Penduduk K3 Fahmi Kurniawan.


Sumber Humas Pemkab Bantaeng 

Editor Edhy Bidik Nasional