Minggu, 07 Juli 2024

Bawaslu Bantaeng Hadirkan Prof Dr Muhammad Mantan Ketua Bawaslu RI,Dalam Rakor Kelembagaan Secara Internal

Tags


BN Online Bantaeng,-- Badan Pengawas Pemilu Bantaeng,Dalam menghadapi tahapan pemilihan kepala daerah ( Pilkada )Bawaslu Bantaeng mengadakan kegiatan yaitu,Rapat Koordinasi Kelembagaan dan Struktur Pengawas pada jajaran Bawaslu Kabupaten Bantaeng di Hotel Kirey Minggu 07 Juli 2024. 


Dalam kegiatan ini bawaslu menghadirkan narasumber Prof Dr Muhammad, S.IP, M.Si guru besar Ilmu Politik Unhas dan juga  pernah menjabat sebagai Ketua Bawaslu RI periode tahun 2012-2017 dan Ketua DKPP periode tahun 2017-2022. 


Dalam pemaparannya Prof Muhammad mengatakan bahwa, "Sebagai pengawas harus memahami dan menguasai semua regulasi yang ada tentang pemilihan baik itu undang-undang atau peraturan KPU, dan peraturan Bawaslu, karena tidak mungkin dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai pengawas kalau tidak menguasai aturannya".Ucap Prof Dr.Muhammad Ketua Bawaslu di periodenya.


"Dan termasuk lanjutnya,Peraturan pemerintah tentang pilkada karena sebagai wasit pemilu semua mata dan harapan tertuju pada Bawaslu dan KPU". 


Prof Muhammad juga mengatakan bahwa, "Sebagai penyelenggara harus jaga koordinasi diantara Panwascam dan PPK karena sama posisinya, dengan jalin silaturahmi dan komunikasi,  kehadiran Panwascam dan PPK mereka sama untuk menyukseskan pemilu".jelasnya.


Prof Muhammad juga menegaskan bahwa, "Pemilu yang berkualitas dan berintegritas diwujudkan dengan pelaksanaan hukum yang jelas dan tegas serta penegakan kode etik dan pedoman perilaku penyelengara pemilu".


Hadir juga dalam kegiatan ini anggota Bawaslu Propinsi Sulawesi Selatan Drs. Saiful Jihad, M.Ag koordinator divisi pencegahan dan Parmas yang dalam sambutannya mengatakan bahwa,"Kegiatan ini untuk memperkuat kompetensi pengawas dalam berlembaga sehingga terjalin hubungan koordinasi yang baik diantara jajaran bawaslu baik sekertariat maupun anggota Bawaslu yang bisa saling memahami dengan baik, produktifitas dan saling percaya". terangnya.


Ketua Bawaslu Bantaeng Ningsih Purwanti dalam ungkapannya," Kegiatan ini dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan di jajaran bawaslu bantaeng dimana sebagai pengawas dalam proses pemilihan kepala daerah, pengawas harus mengawal terciptanya proses transisi kekuasaan secara fair, demokratis dan legitimate serta mendorong tumbuh dan menguatnya kepercayaan rakyat terhadap prosedur demokrasi dalam menjembatani proses transisi kekuasaan". ungkapnya.


"Saya berharap pemilihan nantinya prosesnya berintegritas, penyelenggaranya berintegritas dan hasilnya juga berintegritas". pungkasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh 28 peserta jajaran Bawaslu Bantaeng yang terdiri dari panwaslu kecamatan dan internal staf bawaslu. 


Editor Edhy Bidik Nasional