Senin, 13 April 2020

DPRD Pasangkayu Pantau RSUD Dalam Penanganan Covid-19


BN Online, Pasangkayu---Demi memastikan penanganan Pasien Covid-19 (Corona virus) baik dari Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pantauan (PDP) hingga Pasien Positif dapat maksimal dan sesuai SOP, Anggota DPRD Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar sambangi dan memantau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasangkayu, Senin (13/04-2020).
Dalam pantauan tersebut, ada pernyataan yang sedikit mengejutkan dari Direktur Umum (Dirut) RSUD Pasangkayu dr. Welly Patana Salu yang mengatakan bahwa sampai saat ini RSUD telah mengadakan 50pcs Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai SOP.

“Saat ini kami masih menggunakan APD seadanya. Namun sesuai informasi, APD yang telah dipesan kurang lebih 50pcs akan segera datang,” ungkapnya.

Dr Welly juga mengatakan, saat ini ruangan isolasi buat PDP sudah rampung. Dan untuk Pasien PDP yang saat ini berada di Kecamatan Tikke’ Raya akan segera dijemput kembali sesuai SOP.

”Ruang isolasi PDP kami telah siap dan sudah sesuai SOP. Dan saat ini juga kami di RSUD melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengadakan alat pendeteksi Covid-19 (swab),” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama salah satu Anggota DPRD Kab Pasangkayu Andi Yusuf menegaskan agar pihak RSUD segera menggunakan APD sesuai SOP dalam menangani pasien. Karena menurutnya, para medis pelayanan RSUD bersentuhan langsung dengan pasien dan rentan tertular Covid-19.


“Seharusnya sejak Covid-19 sudah mewabah, para petugas medis yang bersentuhan langsung dengan pasien wajib menggunakan APD yang sesuai SOP,” tegasnya.

Sama halnya yang disampaikan oleh Jurana,SE. Anggota DPRD perwakilan wanita dari Partai Nasdem ini juga meminta kepada pihak RSUD agar segera melengkapi apa yang menjadi kebutuhan dalam penanganan Pasien terutama buat Pasien Covid-19.

“Ini demi keselamatan Masyarakat dan para tenaga medis kita. Bagaimana mungkin pelayanan pasien Covid-19 di RSUD maksimal bila tidak sesuai SOP,” tuturnya penuh tanya.

Sekedar diketahui, Anggota DPRD Pasangkayu yang melakukan pemantauan ke RSUD Pasangkayu sebanyak 5 orang yaitu Mirsad Karim, Rio Adma Putra, Nazaruddin, Andi Yusuf, Jurana,SE. (E Syam)


Editor : | BN Online | Dny