Rabu, 15 September 2021

Satpol PP. DKI Jakarta Tertibkan Bangunan Pinggir Danau Sunter.

Tags











BN Online, Jakarta Utara, Jakarta - Puluhan satuan polisi Pamong Praja (PP) DKI, melakukan penertiban bangunan dan warung-warung yang berdiri di sepanjang sisi timur Danau Sunter, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara,Selasa (14/9/2021).


Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) PP. DKI, Drs.Arifin MAP mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan penataan kawasan Danau Sunter.


"Ini pelaksanaan penataan kawasan Danau Sunter, dimana kawasan Danau Sunter sudah dimulai penataan beberapa waktu sebelumnya, ini tahapan lanjutan dari sisi Timurnya," jelas Arifin, Sunter jaya, Selasa (14/9).


Lebih lanjut Arifin  menyebutkan ada 21 bangunan-bangunan  yang digunakan sebagai cafe, restoran dan lain sebagainya  yang berdiri tanpa izin. 


"21 bangunan ini sejak setahun yang lalu sudah diingatkan,  sudah dikasih surat peringatan  dan pemberitahuan bahwa danau Sunter ini menjadi salah satu destinasi objek wisata di Jakarta, selain berfungsi resapan sehingga perlu dioptimalkan," ujar Arifin.


Arifin juga menegaskan bahwa akan melakukan pengawasan di tempat- tempat termasuk Danau Sunter ini, apalagi  dengan menurunnya Level PPKM  ini dijadikan tempat kumpul- kumpul sehingga kami perlu  melakukan pengawasan.


Salah seorang pemilik warung yang ditemui awak media ini yang berinisial DM menyesalkan dengan adanya pembongkaran

kantin-kantin tersebut.

"Merasa kecewa karena di masa PPKM ini kami masih butuh tempat untuk berjualan." ujarnya.


Seharusnya, lanjutnya, sebelum adanya pembongkaran kantin-kantin kami, Pemprov. DKI menyediakan tempat untuk berjualan sementara sebelum kantin- kantin yang ada di sekitar Danau Sunter didirikan lagi, kami dan keluarga kami mau makan apa, sedangkan tempat jualan kami di bongkar.


Namun demikian dikemukakan Arifin bahwa akan ada penataan yang cantik, akan dibangun pedestriannya ( jalur pejalan kaki,red ) seperti di sisi Utara, sarana untuk orang bisa menikmati Danau Sunter dengan Jogging mengelilingi danau. 


UMKM, dibeberkan Arifin, nanti akan ada penataan secara umum, sudah ada master plannya, biar orang bisa juga makan minum.


Terkait pembongkaran ini menurut lurah Sunter Jaya, 

Eka Presilian Yeluma, sudah melalui tahapan dan  prosedur.

"Semua prosedur dan tahapan sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan," ungkap Eka saat dihubungi media ini.


Untuk penataan lanjutan Danau Sunter di sisi Timur ini menurut lurah Eka, pengerjaannya akan dimulai dalam minggu ini dan ditargetkan selesai di pertengahan Desember.


DM berharap kepada Pemprov. DKI setelah kantin- kantin dibangun lagi pedagang yang lama mendapatkan tempat lagi.

(Darman).