Sabtu, 02 April 2022

Ikut Memperingati Hari Kebudayaan UPT SPF SD Negeri Balang Baru 1 Makassar



BN Online, Makassar -- UPT SPF SD Negeri Balang Baru 1 Makassar ikut meriahkan hari kebudayaan kota Makassar yang ke-4, 1 April Tahun 2022, beralamat Jalan Tanggul Patompo No.4 Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Jumat (1/4/2022).


Hal tersebut dilakukan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat kota Makassar bahwa pentingnya melestarikan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang dimulai sejak empat tahun lalu.



Semua siswa ikut serta merayakan hari kebudayaan kota Makassar, dimana pelaksanaan hari kebudayaan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Syarifuddin, S.Pd. 


"Hari kebudayaan kota Makassar yang ke-4, 1 April Tahun 2022, semua siswa-siswi, guru dan orangtua siswa ikut memeriahkannya,"tutur kepala sekolah.


Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, ini merupakan hari Kebudayaan Kota Makassar, dengan cara semua siswa-siswi dan guru ke sekolah menggunakan busana adat.


"Semua siswa-siswi dan guru juga ikut menggelar upacara memperingati hari budaya kota Makassar,"jelasnya.


Setelah upacara selesai, siswa melakukan karnaval berkeliling disekitar  sekolah dilanjutkan dengan penilaian kue tradisional antar kelas. Selain itu pihak sekolah juga menyajikan ganrang bulo, tari adat tradisional dan para siswa-siswi melanjutkan dengan mengikuti panggung aksi.


"Ada enam jenis kegiatan yang diadakan. Apel, Sari Tilawa, Ganrang Bulo, Fashion show, Kuis, Rangking 1 Kelas Rendah dan Kelas Tinggi,"paparnya.


Selain itu, ada juga lomba kreasi kue tradisional, dimana kue-kue tradisional tersebut dibawa langsung oleh masing-masing siswa dan orangtuanya, yang sebelumnya telah dibagi perkelas.


"Kita cuma sampaikan ke siswa bawa sebisanya saja," jelas Syarifuddin.


"Alhamdulillah, antusias orang tua siswa yang mendukung hari kebudayaan kota Makassar terlihat dengan banyaknya orangtua siswa yang membawa kue tradisional. Ini diluar dugaan sebelumnya," tambahnya.


Syarifuddin menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan perayaan ini juga telah rutin dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, namun tidak semeriah tahun ini.


"Ini semua berkat dukungan dan arahan dari Bapak Walikota Makassar Danny Pomanto," ucapnya.


Ia berharap melalui kegiatan ini siswa bisa lebih mudah memahami budaya yang ada di sekitarnya, sehingga budaya daerah tetap lestari dan dipahami oleh para pembelajar.


Bukan hanya siswa, kata Muhammad Amirullah, tetapi para orangtua siswa yang hadir juga bisa belajar memahami budaya yang ada. Budaya yang dimaksud seperti lagu daerah, pakaian adat, serta kue tradisional yang dibawa hari ini.


"Kami berharap anak-anak dan orangtuanya dapat memahami budaya'nya sendiri, sehingga budaya kita ini tetap dapat dilestarikan," harapnya.