Minggu, 17 April 2022

Panen sere wangi di pantan Nangka kecamatan Linge warga mendabakan harga naik.

Tags

Panen sere wangi di pantan Nangka kecamatan Linge warga mendabakan harga naik.
BN Online ; Linge Aceh tengah- Pesona Aceh Aceh tengah khususnya kecamatan Linge tak ada habisnya. Bukan saja pesona alamnya yang indah, tetapi kecamatan linge juga menyimpan potensi kekayaan alam yang luar biasa, seperti sere.wangi,kapu laga,kopi,kemiri,juga pinang dan lain-lain. Selain itu negeri  dengan julukan asal Linge awal serule ini juga terkenal dengan hamparan Pinus terluas di aceh tengah  dan  daerah yang memproduksi minyak sere wangi, salah satunya di Kampung pantan nangka kecamatan Linge.

Media ini  menyusuri lahan masyarakat di bawah pohon pinus hampir semua ditanami sere wangi,Dan kapu laga, sebagian terdapat bangunan penyulingan serai wangi.
 Proses penyulingan tersebut masih berlangsung hingga saat ini 17/4/2022.
Proses penyulingan tanaman serai wangi hingga menjadi minyak atsiri cukup sederhana.setelah panen dilakukan, serai wangi kemudian dikeringkan selama dua hari. Barulah kemudian bisa diangkut ke lokasi penyulingan. Di lokasi penyulingan sudah terdapat alat-alat penyulingan berupa drum-drum, tempat pendinginan dan alat penyuling lainnya. Serai wangi yang sudah dikeringkan kemudian dimasukkan ke dalam drum penyulingan.

“Di dalam drum ini ada kuali berisi air yang dipanaskan dengan api. Uap panas keluar untuk memanaskan serai wangi, nanti uap mengalir ke pipa penyulingan yang direndam air, barulah dari pipa keluar minyaknya. Penggunaan bak pendingin ini diperlukan agar pipa tidak terlalu panas. Kalau pipa panas biasanya minyak yang dihasilkan tidak lancar.

Penulis : Aharuddin
Editor    : Riga Irawan Toni