Jumat, 01 April 2022

UPT SPF SD Inpres Mariso I, Peringati Hari Kebudayaan Kota Makassar Ke-4 Tahun 2022

 


BN Online, Makassar--Hari Kebudayaan Kota Makassar jatuh pada 1 April 2022. Hari kebudayaan rutin digelar setiap tahunnya. Tahun 2022 ini, merupakan tahun ke-4 penyelenggaraannya, Jumat (1/4/22).


Tahun 2022  ini Kota Makassar belum terbebas dari pandemi Covid-19. Namun, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Fatmawati Rusdi tetap menggelar peringatannya sesuai dengan protokol kesehatan.




UPT SPF SD Inpres Mariso I Makassar ikut meriahkan hari budaya tersebut diawali dengan upacara, pentas seni, tari gandrang bulo, padupa, tari kipas, karnaval dan pesta kebun menu kue tradisional.


Samino, S.Pd dalam pagelaran tersebut mengajak seluruh orangtua murid, guru dan siswa- siswi untuk bersama sama melestarikan nilai-nilai budaya. Ia juga berharap, agar masyarakat tidak melupakan akar budaya dari nenek moyang/leluhur kita.


“Hari Kebudayaan Kota Makassar, merupakan perayaan memiliki makna. Hari Kebudayaan ini mengingatkan kita kembali tentang pentingnya menjaga norma budaya. Dan menerapkan dalam kehidupan keseharian kita. Kita tidak perlu malu dengan bahasa dan dialek. Justru itu yang menjadi pengenal atau identitas kita sebagai orang Makassar,”ucapnya.


Dalam sambutannya Kepala UPT SPF SD Inpres Mariso I kepada orantu murid, siswa-siswi dan para guru untuk mengenal budaya Kota Makassar. Pada momentum Hari Kebudayaan Kota Makassar yang keempat ini.


"Hari Kebudayaan Kota Makassar  sudah keempat kalinya. Namun, Sumino mengaku, budaya kota Makassar bukan budaya yang baru. “Peringatan Hari Kebudayaan ini untuk menanamkan nilai-nilai budaya kepada anak-anak dari  generasi ke generasi”ucapnya.