Kamis, 16 Juni 2022

Kegiatan Ekstrakulikuler SMP Negeri 16 Makassar Berlangsung Dengan Sangat Meriah

Tags


 

BN Online, Makassar - Ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan, minat, keterampilan, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan 




Hal inilah yang sedang dilakukan oleh UPT SPF SMP Negeri 16 Makassar kepada siswanya, Kamis (16/06/2022).




Kepada awak media, Sukaeni, S.Pdi. M.Pd., mengatakan, kegiatan Ekstrakulikuler yang kami gelar kali ini berlangsung meriah dengan 10 sekolah SD yang diundang yang ada di sekitar Kec. Biringkanaya. Jadi yang datang adalah siswa kelas 6 SD dari 10 Sekolah Dasar sekitar, itulah banyak siswa yang hadir.


"Kegiatan ini juga dilakukan untuk promosi sekolah kami dan memperkenalkan ekstrakulikuler sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru, siswa, TNI, Polri dan pemangku kepentingan yang terlibat, ucapnya 


Lanjut,Sukaeni, adapun salah satu manfaat kegiatan ekstrakurikuler di sekolah diantaranya adalah sebagai sarana untuk mengembangkan potensi di luar prestasi akademik.


Dijelaskannya, perlu diketahui bersama kegiatan ekstrakurikuler juga sebagai wadah pengembangan potensi siswa, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter 


Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu: berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, percaya dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia.


Kegiatan ini terlaksana dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.


Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik, " jelasnya.(*/Andis)


Editor : Anas