Senin, 29 Agustus 2022

Inovasi Teh Celup,Si Merah Menyehatkan dalam Biologi Event 2022 oleh FMIPA UNHAS

Tags


BN Online Makassar,--Biologi Event 2022 yang diadakan oleh Departemen Biologi, FMIPA UNHAS berlangsung sejak tanggal 27-28 Agustus 2022 . Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik tingkat SMA se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, 


Serta terdiri atas 3 cabang lomba seperti Olimpiade Biologi, Lomba essai ilmiah, dan lomba poster,bertempat di Baruga Angin Mammiri Kota Makassar di mulai tanggal 27 - 28 Agustus 2022.


2 Tim Essai Ilmiah SMA Kristen Barana berhasil lolos 10 besar dan diundang untuk mempresentasikan essai ilmiahnya di kampus Universitas Hasanuddin. 


Tim 1 yang beranggotakan Kezya Septin dan Gredlyn Velian mempresentasikan essai dengan judul "Si Merah Yang Menyehatkan". Si Merah yang dimaksud adalah tanaman andong merah atau bagi masyarakat Toraja dikenal dengan nama " Tabang". 


Mereka berhasil membuat inovasi teh celup berbahan andong merah siap saji dan mampu menyembuhkan penyakit seperti hemoroid atau ambeien. 


Tim 2 yang beranggotakan Desnaldi Rombe dan Alfenso Rudolf Nego mempresentasikan essai dengan judul " LIMAS (Limbah Asrama Sekolah), Solusi Sekolah Lestari Lingkungan ". 


Mereka mengkaji pemanfaatan limbah asrama sekolah untuk diolah menjadi produk bermanfaat seperti POC, Kompos serta Eco-Enzym. 


Pada pengumuman hasil lomba yang dilaksanakan di Baruga Angin Mammiri Kota Makassar, Kezya Septin dan Gredlyn terpilih sebagai juara 1 lomba essai ilmiah Biologi Event 2022. Sedangkan Desnaldi Rombe dan Alfenso Nego sebagai harapan 1.


Editor Edhy Bidik Nasional