Sabtu, 10 September 2022

Sebaran Anakan Pinus Tumbuh DiLahan BUMD Aceh Tengah.

Tags

Sebaran Anakan Pinus Tumbuh DiLahan BUMD Aceh Tengah.
BN Online ; Linge Aceh Tengah-Humas BUMD.PD.Pembangunan Tanoh Gayo Kabupaten Aceh Tengah Aharuddin memaparkan ke Media ini 10/9/2022. Sejak Di keluarkan Keputusan Gubernur Aceh
Nomor:522.614/BP2T/1046/IUPHHBK/V/2014.Pemberian Izin Usaha Pemanfaatan hasil hutan bukan kayu kepada PD.Pembagunan Tanoh Gayo di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh seluas 4.740 HA.

Masyarakat Kecamatan Linge mulai beraktivitas deres Pinus di manfaatkan getah pinus untuk kebutuhan,getah pinus sangat membantu ekonomi masyarakat yang berprofesi deres,ada beberapa hal keuntungan dan positifnya yaitu tidak ada kebakaran lahan dan juga ternak warga tidak ada lagi dimakan binatang buas,kehilangan ternak berkurang dratis hampir tidak pernah lagi terdengar informasinya atau keleuahan warga juga sebagian warga memanfaatkan lahan untuk menanam sere wangi atau pun kapu laga dll.

semenjak warga memanfaatkan deres Pinus sudah jarang kebakaran dan oleh karena itu anak Pinus tumbuh sendiri bersebar di lahan BUMD di Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah.
Pinus adalah sebutan bagi sekelompok tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga pinus. Adapun ciri-ciri pohon pinus sebagai berikut perakaran tumbuhan pinus adalah akar tunggang yang mencengkeram kuat tanah, dan bercabang. Sehingga tumbuhan ini dijadikan sebagai tumbuhan penahan erosi yang ditanam pada tebing-tebing yang curam. Batang pohon pinus besar pada bagian bawah dan terus mengecil semakin ke atas. Sehingga dari kejauhan mebentuk kerucut atau limas yang memanjang. 

Bentuk batang membulat, tanjuk pohon muda menyerupai piramid, setelah tua menjadi lebih melebar dan rata. Arah tumbuh batang tegak lurus ke atas. Percabangan batang monopodial, yakni batang pokok lebih jelas dan lebih cepat pertumbuhanya dibandingkan cabang-cabangnya. Daun tumbuhan pinus merupakan daun majemuk, dari bagian pangkal sampai ujung sama lebarnya. Panjang daun 10-20 cm, bagian pangkal daun diselubungi sisik berbentuk selaput tipis, bagian ujung daun meruncing, pangkal daun roping serta bagian tepi rata. Ranting berukuran pendek seperti jarum. Bunga pohon pinus berupa bunga jantan dan bunga betina, bunga jantan berbentuk silindris panjang 2-4 cm sedangkan bunga betina berbentuk kerucut ujungnya runcing, bersisik, berwarna coklat, dan pada setiap bakal biji terdapat sayap. Bunga muda berwarna kuning setelah tua berwarna coklat. Buah pinus berbentuk kerucut, silindris dengan panjang 5-10 cm, serta lebar 2- 4 cm. Biji berbentuk pipih, bulat oval dengan sayap yang dihasilkan setiap dasar bunga atau sisik buah. Setiap sisik menghasilkan dua biji, warna biji pinus umumnya putih kekuningan. Pohon pinus juga bisa tumbuh di lereng bukit  akarnya berfungsi untuk mencegah erosi pada lereng tebing.

Direktur BUMD.PD.Pembangunan Tanoh Gayo Kabupaten Aceh Tengah .Aryanto Kesuma.S.Sos.saat ini konset menata lahan-lahan yang selama ini belum di kelola dengan baik,untuk dimanfaatkan dan bermitra dengan masyarakat atau Lembaga yang ada di Desa mendapat nilai lebih dari kegiatan penderesan khusus di konsesi BUMD Kabupaten Aceh Tengah,dan kami siap turun kelapangan untuk bersosialisasi bersama masyarakat pungkasnya.

Penulis : Aharuddin
Editor   : Riga