Jumat, 28 Oktober 2022

Bincang Buku Fathan Muhammad Taufik Digelar Malam ini,,Membahas petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo.

Tags

Bincang Buku Fathan Muhammad Taufik Digelar Malam ini,,Membahas petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo.
BN Online ; Aceh Tengah-Mahara Publishing kembali mengadakan bincang buku. Kali ini, membincangkan buku penulis Fathan Muhammad Taufiq, “Inspirasi dari Gayo: Kumpulan Artikel tentang Sosok Penyuluh dan Petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo.” “InsyaAllah diselenggarakan malam ini, selepas salat isa, secara terbuka melalui Zoom Meeting,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Direktur Mahara Publishing, Jumat  (28/10/2022). 


Buku “Inspirasi dari Gayo: Kumpulan Artikel tentang Sosok Penyuluh dan Petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo” merupakan buku perdana Fathan Muhammad Taufiq. “Pak Fathan merupakan salah satu penulis yang produktif di Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Beliau kerap menulis tentang pertanian, kopi gayo, hortikultura, sosok penyuluh, dan petani inspiratif yang ada di Gayo. Tulisannya terpublikasi di Kompasiana, lintasgayo.co, serta Tabloid Sinar Tani yang diterbitkan Kementerian Pertanian RI dan tersebar luas seluruh Indonesia, tambah beberapa media online lainnya,” sebut Yusradi. 


Dilanjutkan Yusradi, ada juga tulisan yang diterbitkan dalam buku “Inspirasi dari Gayo: Kumpulan Artikel tentang Sosok Penyuluh dan Petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo,” pernah diangkat di TV swasta nasional. Akibatnya, tanoh Gayo semakin dikenal, dengan semua potensinya, pertanian, kopi gayo, hortikultura, dan orang-orang yang luar biasa di Gayo. Lebih khusus lagi, penyuluh dan petani yang ditulis Fathan Muhammad Taufiq,” ungkap Yusradi. 


“Apresiasi dan penghargaan yang luar biasa buat Pak Fathan, yang terus mengangkat orang-orang menginspirasi. Jarang sekali ada orang seperti ini, yang secara konsisten menulis, mengangkat, mempublikasikan orang-orang inspiratif, kreatif, dan inovatif. Dengan kata lain, jarang yang saling membesarkan. Biasanya, sebaliknya. Tentu, ini bisa jadi contoh buat yang lain, bagaimana mestinya besitonanen, besiamiken, besijujangen, besijangkoken, dan besikulen secara berdedele,” ujar Yusradi.  


Apa yang dilakukan Fathan Muhammad Taufiq, sambung anggota Tim Pengembangan Kawasan Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (2018-2024) itu, diharapkan dapat menjadi inspirasi, motivasi, dan spirit bagi semua pihak untuk dapat berkiprah dan mengembangkan kreativitas serta inovasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani. 


Bincang buku “Inspirasi dari Gayo: Kumpulan Artikel tentang Sosok Penyuluh dan Petani Inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo” Mahara Publishing digelar malam ini, Jumat malam, tanggal 28 Oktober 2022, mulai pukul 19:30-21:00 WIB, dinarasumberi langsung oleh Fathan Muhammad Taufiq. Lebih lanjut, bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/83655095226?pwd=RVZoeTZ2NGhDSVJTcVJDMHFtWkFkUT09, 
Meeting ID: 836 5509 5226, dan Passcode: 406807

Penulis : Aharuddin
Editor    : Riga Irawan Toni