Sabtu, 22 Oktober 2022

WBP Rutan Bantaeng Ciptakan Kerajinan dari Benang Polycherry

Tags


BN Online Bantaeng,---Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas II B Bantaeng Kanwil Kumham Sulsel memberi pelatihan kerajinan berbahan dasar benang polycherry secara rutin bagi warga binaan Blok Wanita. Jum'at (21/10)

Sebagai bentuk percobaan awal, kegiatan tersebut diikuti oleh 3 (Tiga) orang WBP Wanita yang berlangsung di Area Selasar Bermain Anak dan diawasi oleh petugas yang tengah berjaga 

Kepala Rutan Bantaeng, Ince Muh. Rizal mengatakan bahwa diperlukan konsistensi bagi setiap jajaran untuk memastikan kegiatan positif seperti ini agar terus dapat dilaksanakan. 

"Kegiatan seperti ini berguna untuk memberi bekal kepada warga binaan usai menjalani masa pidana. Besar kemungkinan akan dipergunakan sebagai mata pencaharian", Jelas Ince.  

Kepala Rutan Bantaeng tersebut juga menjelaskan, selama pelatihan berlangsung warga binaan juga diberikan materi dan praktek oleh petugas wanita agar bisa menambah pengetahuan mereka supaya bisa menghasilkan suatu kerajinan yang mempunyai nilai jual yang bagus.

"Pelatihan yang diberikan terhadap WBP bertujuan agar mereka dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya untuk mengisi atau menciptakan lapangan kerja sehingga dapat hidup mandiri, berdaya guna, dan berhasil guna mencapai bimbingan kerja produksi", 

 "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Ketua dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Bantaeng yang telah membantu dan memberikan bahan keterampilan bagi warga binaan, tentunya hal ini menjadi salah satu bentuk kepedulian masyarakat luar untuk mendukung pemberian keterampilan bagi warga binaan" Ujar Ince, menjelaskan lebih lanjut.

"Alhamdulillah, pelatihan pembuatan kerajinan ini menambah ilmu kami dan mengisi kekosongan kami dalam menjalani masa pidana. Mudah - mudahan apa yang kami buat ini bisa bernilai jual di masyarakat," Harap salah seorang warga binaan wanita yang tengah mengikuti pelatihan dan namanya enggan untuk disebutkan.

Dengan alasan keamanan, setelah pelatihan keterampilan selesai seluruh alat, bahan, dan hasil pelatihan tersebut disimpan kembali ke gudang bimbingan kerja (Bimker) dan kembali dikeluarkan saat pelatihan dilaksanakan

Sumber: Humas Rutan Bantaeng Kanwil Kumham Sulsel
Editor Edhy Bidik Nasional