Minggu, 27 November 2022

Kosabangsa IBK Nitro Persiapkan Destinasi Wisata Religi Pulau Salemo Pangkep

Tags


 

BN Online, Makassar - Tema :

Kolaborasi Masyarakat Bersama IBK Nitro dan UMM Menciptakan Destinasi Wisata Religi Pulau Salemo 




Kegiatan yang dipimpin Ketua Tim Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Oman Sukmana didampingi Koordinator Tim Rahadi M.Si dan Ruli Ramadhoan M.Si diikuti Koordinator Tim Kosabanga IBK Nitro Dr. Rosnani Daga, SE. MM., anggota Kosabangsa Fadlyani Nawir, ST. M.Ds., Dosen Prodi Perdagangan Internasional Budhi Krisnanto,SE.MM., bersama seluruh anggota Tim UMM dan IBK Nitro, dilaksanakan di Pulau Salemo Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu – Jumat, (23-25/11/2022) .


Kegiatan yang diawali diskusi kelompok fokus pembicara pelaku UMKM dan perwakilan warga dipandu moderator Dosen Prodi Kewirausahaan IBK Nitro Sudirman, SE.MM, pemateri kepariwisataan Drs. H. Ahmad Djaman,M.Si. tema Integrasi Kepariwisataan Dengan Potensi Budaya Lokal.


Peran aktif dan antusias warga pulau Salemo menciptakan destinasi wisata religi di daerahnya sangat tinggi, terbukti dari pastisipasi setiap kegiatan mulai dari diskusi dan kegiatan pembenahan infrastruktur serta kegiatan lainnya. Menciptakan destinasi wisata melalui program dan tahapan pengelolaan sampah, pengembangan UMKM secara kelembagaan dan produk, pemberdayaan masyarakat pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), membuat tempat kuliner dan tempat religi termasuk penginapan, pembenahan transportasi bagi pengunjung, Perbaikan dan pembenahan infrastruktur ini menjadikan pengunjung merasa nyaman dan aman menikmati perjalanan wisata di pulau Salemo. 


kesepakatan pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep sejak awal program ini digulirkan memberikan motivasi masyarakat melaksankan kegiatan diinisiasi Kosabangsa IBK Nitro disupervisi UMM datang langsung dan hadir di lokasi pulau Salemo, menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat. Kolaborasi pihak-pihak terkait merupakan kekuatan menggerakan potensi di daerah menuju destinasi wisata.

    

Ditulis oleh :

Budhi Krisnanto