Kamis, 08 Desember 2022

Dinas PUPR Maros Main Mata dengan Developer? Kabid Tata Ruang Bilang Begini

Tags


 

BN Online, Maros - Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penata Ruang) Kab.Maros Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga main mata dengan seorang kontraktor (pengembang) berinisial BN di desa Moncongloe Bulu Maros 


Sesuai informasi yang berhasil dihimpun media ini dari berbagai pihak menyebutkan bahwa, pengembang berinisial BN sudah bertahun-tahun berusaha sebagai pengembang perumahan di daerah Moncongloe.


Bahkan BN sudah membangun perumahan di empat lokasi, tetapi tidak mengantongi atau memiliki IMB(Izin .Mendirikan Bangunan). Ada juga informasi yang berkembang bahwa lelaki BN, diduga punya beking orang kuat, sehingga kebal hukum.


Konon kabarnya masyarakat se-tempat enggan(takut) berurusan dengan lelaki BN, karena kepala desa Moncongloe Bulu, yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah atau pemerintahan paling ujung di negeri ini saja, tak dipandang apatalagi masyarkat biasa.


Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Maros ibu Kurnia saat ditemui di kantornya Jl Asoka 06 Kec Turikale Maros Rabu(12/07/2022) mengatakan, "Belum ada informasi baik lisan maupun tertulis masuk ke bidang Tata Ruang tentang hal tersebut. Bila ada informasi tentang hal tersebut, maka pasti ditindak lanjuti informasi atau pengaduan tersebut."


Ketika disampaikan bahwa, ada informasi kepala desa telah mengirimkan surat keberatan tentang adanya pengembang berinisial BN yang diduga membangun tanpa IMB 


Kurnia, tegas mengatakan, Saya tidak bisa mengatakan tidak ada surat atau ada surat masuk ke Dinas PUPR. Yang pasti biasanya atasan atau Kadis mendisposisi surat masuk sesuai tupoksi bidang yang dimaksud dalam surat itu 


Kurnia menambahkan, meskipun demikian kami akan selalu terbuka kepada masyarakat yang memberi informasi secara lisan kapan saja 


Saat disinggung bahwa perumahan pengembang BN telah bertahun-tahun dibangun di Moncongloe Bulu tetapi seolah- bidang tata ruang menutup mata, kalau tidak ingin disebut pembiaran.


Kepala bidang Tata Ruang Kurnia yang cukup lama bertugas di bidang tersebut menolak kata pembiaran. Karena tidak  

ada informasi yang masuk ke bidang Tata ruang tentang pengembang berinisial BN.


Terpisah, Kepala desa Moncongloe Bulu Kec.Moncongloe Maros M Tahir, saat ditemui di kantornya, Rabu(7/12/2022), membenarkan informasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat tentang pengembang  berinisial BN yang diduga tidak memilki IMB.


M Tahir, menambahkan sebagai kepala desa maka, saya harus memastikan bahwa segala bentuk kegiatan, di desa baik kegiatan sosial atau bisnis harus sesuai regulasi atau aturan yang ada.


Menurut M Tahir, Soal dugaan BN tidak memiliki IMB itu, adalah permasalahan lama jauh sebelumnya, saya jadi Kades. 


Syahdan, saya akui secara tertulis belum menyurat ke Dinas PUPR dalam hal ini bidang Tata Ruang. Akan tetapi secara lisan telah menyampaikan ke petugas Tata Ruang yang sering ke sini yakni pak Rahim.


Sebelum wartawan media ini pamit untuk pulang, M Tahir yang terlihat rama dan akrab dengan lawan bicara itu mengatakan, "Lelaki BN biasa bicara bahwa prinsipnya, senang membeli atau menangani tanah yang bermasalah. Intinya semakin bermasalah tanah atau lokasi tersebut semakin Dia senang." (M.Said Welikin)


Editor : Nasution