Minggu, 04 Desember 2022

Pengurus HPBM Banda Aceh Periode 2022-2023 Resmi Dilantik

Tags

Pengurus HPBM Banda Aceh Periode 2022-2023 Resmi Dilantik
BN Online ; BANDA ACEH - Pengurus Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Bener Meriah (HPBM) Banda Aceh resmi dilantik oleh Pj Bupati Bener Meriah melalui Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bener Meriah, Irmansyah S.STP., M.SP, di Aula SMK 3 Banda Aceh, Sabtu (03/12/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, Ketua panitia, Maulana Setiadi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dapat diselenggarakan tidak lepas dari peran semua pihak termasuk Pemerintah Bener Meriah, DPRA, Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan Aceh dan juga Pembina dan demisioner HPBM Banda Aceh.

"Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pelantikan HPBM Banda Aceh ini," kata Maulana.

Kemudian kegiatan tersebut juga diselingi dengan penampilan Didong dari Sanggar PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan juga sanggar dari Siwa/i SMK 3 Banda Aceh.

Salah seorang Dewan Pembina HPBM Banda, Rizki Wan Oktabina M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa dengan adanya wadah organisasi tersebut ia berharap ada harapan baru dalam membangun Bener Meriah ke depan.

“Beluh ara si rai, ulak ara si mai. Ada sesuatu hal yang kita ambil dan kita bawa kembali ke daerah kita,” kata Rizki Wan Oktabina.

Ia juga mengajak, dengan adanya wadah tersebut ke depan dapat melahirkan kader-kader pemimpin yang hebat di masa mendatang, tidak hanya di Bener Meriah melainkan di tingkat provinsi maupun pusat.

Kepemimpinan ini, lanjut Rizki, juga harus mesti layaknya putra Gayo yang sempat menjadi Sultan pertama kerajaan Aceh Darussalam pada masa lalu. Ia menekankan kepada para pengurus dan pemuda harus mampu menjadi perwakilan-perwakilan yang hebat di perantauan agar dapat menjadi estafet kepemimpinan di masa mendatang.

“Sultan Aceh Darussalam pertama itu adalah urang Gayo. Atan Rayoh te ni turah ara rayoh Gayo i wan rantoni (Dalam darah kita ini mesti ada darah Gayo di perantauan ini),” jelasnya.

Diakhir sambutannya Rizki yang mewakili segenap para pembina HPBM Banda Aceh mengucapkan selamat atas kepengurusan baru HPBM Banda Aceh periode 2022-2023. Ia juga berharap agar kepengurusan tersebut dapat menanamkan rasa cinta untuk Kabupaten Bener Meriah.

Sementara itu Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga M.Si yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah S.STP M.SP menyampaikan permohonan maaf bahwa Pj Bupati Bener Meriah tidak dapat berhadir ke Banda Aceh lantaran banyak agenda yang tidak dapat ditinggalkan di daerah.

“Pertama sekali kami meminta permohonan maaf dari Pj Bener Meriah, bapak Haili Yoga, beliau sangat semangat sekali untuk hadir. Namun karena bertepatan dengan MoU kerja sama Perdagangan Komoditi Pangan dan Pertanian, dengan Pj. Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah, AP, M.Si hingga akhirnya tidak bisa hadir,” kata Irmansyah.
Walau demikian, Irmansyah mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengucapkan selamat san sukses atas terlaksanananya pelantikan pengurus baru HPBM Banda Aceh Periode 2022-2023.

Irmansyah mengharapkan, HPBM Banda Aceh ke depan dapat menjalankan amanah dengan sebaik mungkin dan membangun kepercayaan yang solid dan bergerak untuk membangun daerah.

“Mudah-mudahan di kepemimpinan HPBM Banda Aceh periode 2022-2023 ini ini bisa lebih maju dan demokratis,” ujarnya sembari menyebut b bahwa Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sangat terbuka dan welcome bagi mahasiswa Banda Aceh untuk melakukan koordinasi yang bersifat membangun.

Pada kesempatan ini juga, turut hadir pejabat Pemerintah Aceh melalui Kadis Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM dan Kepala Sekolah SMK 3 Banda Aceh, dan Tenaga Ahli Dinas Pendidikan Aceh.

Kadis Pendidikan Aceh Alhudri dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus HPBM Banda Aceh periode 2022-2023 yang dilantik.

Menurutnya, pemuda adalah tombak dari generasi bangsa, dari itu ia mengajak generasi muda untuk menjadi pemuda yang hebat dan mampu memberi kebanggan terhadap daerahnya.

“Perlu saya ingatkan kita semua, para pengurus tombak bangsa adalah generasi muda semua yaitu mahasiswa dan pelajar adalah kunci penting dalam membangun cita-cinta bangsa dan negara kita ke depan,” kata Hudri.

Alhudri juga mengharapkan, dengan dilantiknya pengurus HPBM Banda Aceh yang baru tersebut dapat menjadi potensi dan berkontribusi dalam membangun kehidupan bangsa dan negara khususnya di daerah.

“Potensi kelebihan dan kemampuan yang dimiliki para pemuda itu tentu dalam hal ini berkontribusi besar terhadap kehidupan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum HPBM Banda Aceh, Lukman Hakim dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan materi dan moril untuk suksesnya pelantikan tersebut, seperti Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, DPRA, Kadis PUPR Bener Meriah, Bank Aceh Cabang Bener Meriah, Ketua DPRK Bener Meriah, Kepala Sekolah SMK 3 Banda Aceh.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kanda Irmansyah S.STP, M.SP yang mewakili Bapak Pj Bupati Bener Meriah dan sekaligus melantik secara resmi kepengurusan kami. Dan terima kasih kepada Kadisdik Aceh Bapak Drs Alhudri M.M yang sudah berhadir sebagai perwakilan pemerintah Aceh,” kata Lukman.

"Saya juga menitip pesan kepada kanda Irmansyah untuk menyampaikan salam hangat kami kepada bapak Bupati Bener Meriah, kami mahasiswa Bener Meriah di perantauan menunggu kehadiran bapak untuk bertemu dengan kami semua," ujar Lukman.

Lebih dalam Lukman menyampaikan harapan ke depannya kepada pengurus untuk solid dan saling berkoordinasi dan berkomunikasi.

"Saya berharap ke depannya kita terus saling berkoordinasi dan berkomunikasi baik itu antar mahasiswa, antar organisasi dan yang terpenting juga saya meminta kedepannya untuk Pemkab Bener Meriah juga terus mensupport kami, memberikan kami bimbingan dan arahan agar kami juga bisa senada dengan Pemerintah dalam menjaga nama baik Bener Meriah," kata mahasiswa KPI UIN Ar-Raniry ini.

Pada kesempatan ini juga dihadiri sejumlah demisioner HPBM Banda Aceh, dan juga undangan dari IPPEMATA Banda Aceh, PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan juga tamu undangan lainnya. (A)

Editor  : Riga Irawan Toni