Kamis, 12 Januari 2023

Strategi UMKM Golden Corn Menjalankan Usaha di Era Disrupsi


 

BN Online, Bulukumba - Tema : Keanekaragaman dan Kualitas Produk UMKM Lokal Menuju Global

 



Jagung sebagai makanan fungsional terbukti memberikan dampak positif terhadap masyarakat petani dan terutama pelaku usaha. Golden Corn sebagai pelaku UMKM memproduksi marning pemilik mengelola usaha Anugerah Agung Prawira memiliki varian produk yang beragam, bertempat di Desa Tamalanrea, Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Sulawesi Selatan (12/01/2023)     


Peran UMKM sangat besar pertumbuhan perekonomian Indonesia terbukti memberikan kontribusi terhadap PDB mencapai 60,50 %. Sebagaimana produk marning yang dihasilkan oleh UMKM Golden Corn berupa varian rasa original, pedas manis, jagung bakar, barbeque dan gulan aren yang merupakan produk lokal di era disrupsi menuju global, disamping varian produk usaha ini menggunakan saluran pemasaran ditunjang media digital, peran aktif di pameran dan festival kuliner di beberapa kota mulai dari Bulukumba dan Makassar serta kegiatan perluasan bisnis global melalui Export Academy mempertemukan investor dari luar negeri kegiatannya diadakan di Makassar, menambah keyakinan produk dapat bersaing di pasar lokal dan global. 


Pemaparan pemilik usaha, produk berkualitas dan beragam disertai kemasan yang menarik memberikan pengaruh terhadap berkembangnya bisnis. Terlebih dengan konsistensi pembinaan jaringan usaha sudah ada petani dan penyalur, mencari jaringan baru serta aktif mengikuti pameran bisnis. Strategi produksi produk yang beragam dan pola kombinasi pemasaran masa kini melalui digital dan konvesional dapat dijadikan model bagi UMKM dalam menjalankan usaha bertahan dan berkembang di era disrupsi dimasa yang akan datang


Ditulis Oleh : 

Budhi Krisnanto