Selasa, 28 Februari 2023

Pacuan Kuda Tradisional Gayo Yang Dinantikan Masyakat Aceh Tengah.

Tags

Pacuan  Kuda Tradisional Gayo  Yang Dinantikan Masyakat Aceh Tengah.
BN Online ; Takengon- Gelar pembukaan pacuan kuda tradisional gayo dalam rangka memperingati HUT Ke - 446 kota Takengon bertempat di lapangan HM Hasan Gayo, Kp. Blang Bebangka Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah. Senin (27/02/23).

Sambutan Pj. Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas kegiatan pacuan kuda tradisional gayo dalam rangka memeriahkan HUT kota takengon ke-446 ini.

Kegiatan yang kita ikuti pada hari ini bukan hanya sekedar hiburan semata, namun juga menjadi ajang silaturahmi serta seperti yang kita ketahui, daerah dataran tinggi gayo selain kaya akan sumber daya alam, juga kaya akan kebudayaan dan pariwisatanya, dimana pada hari ini kita dapat menyaksikan kebudayaan masyarakat gayo, yaitu pacuan kuda.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo.,S.E.,M. Han, Kami TNI - Polri Siap memberikan pengamanan dari  awal sampai akhir kegiatan tetapi tidak lepas dari dukungan semua elemen masyarakat agar kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar. 

Lanjutnya, kepada peserta dan penonton agar mengutamakan keselamatan dan berhati hati dalam menonton pacuan kuda, Jangan sampai melewati batas agar aman bagi para penonton, karena sangat berbahaya apabila ada kuda yang tidak terkendali dan ikuti ketentuan yang telah di atur oleh panitia" Ungkapnya".

Dalam rangka H.U.T Kota Takengon ke - 446. Pacuan kuda tradisional gayo ini sebanyak 288 ekor kuda akan di pacu di arena Blang bebangka, dari beberapa Kabupaten diantaranya :
1). Kab. Aceh Tengah.    : 172 Ekor
2). Kab. Bener Meriah.   :   81 Ekor
3). Kab. Gayo lues.          :  34 Ekor
4). Kab. Aceh Tenggara. :    1 Ekor.

Kuda ini akan dipacu selama 7 (tujuh) hari tentunya dalam prosesnya nanti akan banyak kuda-kuda ini menjadi kuda unggulan yang nantinya akan kita support bagi Kabupaten Aceh Tengah yang akan menjadi tuan rumah pon 2024 yang akan datang.

Dalam acara tersebut tampak hadir  Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, M.T, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol INF Kurniawan Agung Sancoyo,. S.E,.M. Han, Ketua DPRK Kab. Aceh Tengah, Arwin Mega, Kasdim 0106/Aceh Tengah, Peka Aswan,. S.Or.,M.Pd.,AIFO, Waka polres Aceh Tengah, Kompol Edwin Aldro, SH. MH, Sekda Kab. Aceh Tengah  Subhandhy, AP.,M.Si, Kepala Mahkamah Syariah Aceh Tengah, Fakhrurrazi, S. Ag, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tengah  Yovandi Yazid, SH.,MH dan Para Tamu undangan.

Editor : Riga Irawan Toni