Senin, 13 Maret 2023

Rutan Kelas II B Bantaeng dan Disdukcapil Bantaeng Lakukan Perjanjian Kerjasama dalam Pembuatan NIK,KTP Elektronik

Tags


BN Online Bantaeng,---Kepala Rutan Bantaeng Ince Muh Rizal  menyambut baik atas kedatangan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng, Drs Ali Imran M.Si bersama dengan jajarannya,  dalam rangka pembuatan nomor induk kependudukan dan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik bagi warga binaan. 


Kegiatan ini berlangsung di Aula serbaguna Rutan Kelas II B Bantaeng Jalan Dahlia Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng,Senin 13 Maret 2023.


Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerja sama (PKS) antar Rutan Bantaeng dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng tentang pendaftaran, pencatatan, pemeriksaan dan penelitian dokumen kependudukan warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Bantaeng. Penandatanganan PKS tersebut berlangsung di Ruang Kerja Kepala Rutan Bantaeng.


Penandatanganan tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantaeng, Bapak Hamzar Hamma,sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan positif yang dilakukan Rutan dan Disdukcapil Bantaeng.


Kegiatan perekaman data penduduk dimulai dari permintaan keterangan dari warga binaan dilanjutkan dengan pencarian data kependudukan, lalu pencetakan ulang kartu tanda penduduk (bagi yang telah memiliki data namun kartu identitas hilang) dan pembuatan nomor induk kependudukan bagi warga binaan yang sama sekali belum pernah mendaftarkan identitas kependudukannya. 


Pada kegiatan tersebut, Kepala Rutan Bantaeng didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil turut mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut secara langsung sekaligus berdialog dengan seorang warga binaan terkait kronologi hilangnya kartu identitas tersebut. 


Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh. Rizal, S.H., M.Si mengatakan,"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada seluruh jajaran Disdukcapil Kabupaten Bantaeng yang telah menyempatkan dalam agenda untuk melakukan pemutakhiran data kependudukan bagi warga binaan Rutan Bantaeng, dan berharap bahwa kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar".Ucap Ince Dg.Sijaya sapaan akrabnya Kepala Rutan Bantaeng. 


"Dan selanjutnya akan kami melanjutkan langkah koordinasi dengan penyusunan draft PKS dengan Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Bantaeng tentang penyelenggaraan tempat pemungutan suara khusus yang berlokasi di dalam Rutan Kelas II B Bantaeng".Lanjutnya.


Disamping itu Kadisdukcapil Drs Ali Imran M.Si mengatakan,"Kegiatan tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab  Disdukcapil Bantaeng, dan berharap agar warga binaan yang menjalani masa pidana bisa diberi ketabahan serta menyadari kesalahan agar tidak berbuat kesalahan yang sama".. 


Dalam kesempatan ini Kadis Dukcapil menyerahkan langsung kartu tanda penduduk yang telah dibuat, lalu dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan warga binaan. 


Editor Edhy Bidik Nasional