Selasa, 04 April 2023

Polsek Bandar Polres Bener Meriah Sosialisasikan Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

Tags

Polsek Bandar Polres Bener Meriah Sosialisasikan Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan 
 BN Online ;  Redelong-Untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, personel Polsek Bandar, Polres Bener Meriah melakukan patroli dan sosialisasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat di wilayah, Kecamatan Bandar, Rabu 5 April 2023.

Kapolres Bener Meriah AKBP Indra Novianto, SIK melalui Kapolsek Bandar AKP Jufrizal, S.H, mengatakan, kegiatan yang dilakukan personel Polsek Bandar ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah.

"Dalam sosialisasi nya personel kita menyampaikan kepada warga / masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran  baik di wilayah hutan maupun pada saat melakukan pembukaan lahan pertanian/ Perkebunan" kata Jufrizal.

Karena sangsi untuk melakukan pembakaran hutan/ Lahan sesuai dengan UU Nomor 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan Dan UU nomor 18 Tahun 2004 Tentang Perkebunan Serta Uu Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup

Sangsi atau ancaman hukuman bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan ini sangatlah berat, yakni barang siapa dengan sengaja membakar hutan, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 Tahun dan denda maksimal 5 miliar rupiah.

Pada kesempatan tersebut AKP Jufrizal juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan pertanian, apa bila melihat atau mengetahui terjadinya kebakaran lahan dan hutan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian atau petugas pemadam kebakaran dan tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.

"Mudah mudahan dengan adanya kita lakukan patroli dan sosialisasi ini, kebakaran hutan dan lahan di wilayah kecamatan Bandar dapat di cegah" ucap Jufrizal

Editor : Riga Irawan Toni