Kamis, 11 Mei 2023

Mamfaatkan Lahan Tidur, Kodim 0106/Ateng Perkuat Ketahanan Pangan

Tags

Mamfaatkan Lahan Tidur, Kodim 0106/Ateng Perkuat Ketahanan Pangan
BN Online ; Takengon-  Untuk terwujudnya ketahanan pangan nasional, anggota Koramil 04/Bintang, membuka lahan pertanian seluas 2,5 hektar untuk ditanami komoditas jagung yang merupakan lahan kosong bertempat di desa Dedamar Kec. Bintang Kab. Aceh Tengah. Rabu (10/05/23).

Dalam penyiapan lahan saat ini pada tahap penyangkulan tanah dan mebersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahan lahan serta nantinya pada saat ditanami maka tanaman pokok tidak terganggu pertumbuhannya oleh tanaman pengganggu tersebut.

Sementara itu, Danramil 04/Bintang Peltu S. Rambe menjelaskan, lahan seluas 2,5 hektar yang berada dilingkungan Koramilnya tersebut, akan ditanami dengan tanaman jagung karena sesuai dengan konstruksi tanah serta pengairan yang ada di lokasi lahan tersebut.
“ Nantinya lahan ini akan kita tanami dengan tanaman jagung, karena memang lahannya sangat cocok dengan jenis tanaman ini, sehingga kita harapkan hasilnya nanti juga bisa maksimal, ” jelasnya.

Dandim 0106/ Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M. Han, Menambahkan program pemanfaatan lahan kosong ini merupakan perintah dari komando atas yang bertujuan untuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat, di mana pasukan komando teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan.

 “Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk permintaan dan pemenuhan hak atas pangan, guna meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,”

“Dimana lahan pertanian sendiri, upaya yang dilakukan oleh Kodim dengan cara berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan Dinas Pertanian untuk mendapatkan lahan tidur dan tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan" Ucapnya".

Editor : Riga Irawan Toni