Senin, 18 Desember 2023

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di UPT SPF SD Negeri Bertingkat Tabaringan 1

 


BN Online, Makassar --  UPT SPF SD Negeri Bertingkat Tabaringan 1 Kota Makassar melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan menggelar Karya Market Place. Kegiatan ini dimulai sejak jam 8 pagi hingga selesai.


Kepala Sekolah, Sitti Naida Tibe, menyampaikan bahwa Karya Market Place tersebut merupakan upaya nyata dalam memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Dengan melibatkan berbagai karya yang dihasilkan oleh siswa, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai luhur tersebut. Menurut Kepala Sekolah P5 adalah bagian dari struktur Kurikulum Merdeka.


"P5 ini merupakan bagian dari struktur Kurikulum Merdeka selain pembelajaran intrakurikuler,,  diharapkan melalui P5 ini, para peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak-anak kita  memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tutur Ibu Kepala Sekolah, pada Senin, 18 Desember 2023.


Dalam implementasi P5, setiap satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.


Berbagai produk kreatif hasil karya siswa, baik dalam bentuk seni, literatur, maupun teknologi, dipamerkan dan diperjualbelikan di Market Place. Seluruh hasil penjualan akan disumbangkan untuk mendukung kegiatan pembinaan karakter dan peningkatan prestasi siswa di UPT SPF SD Negeri Bertingkat Tabaringan 1.


Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman Pancasila, tetapi juga sebagai bentuk nyata partisipasi aktif sekolah dalam membentuk generasi penerus yang memiliki karakter tangguh dan berkomitmen pada nilai-nilai kebangsaan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan generasi yang berkualitas di masa depan. (Yahya)


Editor: Dellate