Senin, 18 Desember 2023

Musyawarah Kelurahan Panaikang Bahas DTKS Tahun 2023 untuk Perbaikan Data Kesejahteraan Sosial

 



BN Online, llMakassar, 25 Juli 2023 – Musyawarah Kelurahan (Muskel) diadakan di Kantor Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang pada Jumat malam. Acara yang dimulai pukul 19.00 WITA dan berlangsung hingga pukul 22.00 WITA ini bertujuan utama untuk membahas dan memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2023.


Ketua RW dan Perwakilan Ketua RT dari berbagai wilayah, dipimpin oleh Plt. Lurah Panaikang, Ridwan Rahim,SS, turut serta dalam kegiatan ini. Kehadiran Ketua LPM Kelurahan Panaikang dan unsur masyarakat turut memperkuat koordinasi dan pengawasan pelaksanaan musyawarah.


Tujuan Muskel DTKS melibatkan:

Komunikasi penetapan DTKS, evaluasi kesesuaian, dan pengajuan usulan baru.

Meningkatkan objektivitas hasil evaluasi data dan usulan melalui pengamatan di wilayah.

Mengkoordinasikan kegiatan verifikasi DTKS Kota Makassar Tahun 2023.


Ketua RW dan Ketua RT diberi waktu untuk meninjau data dan memberikan keterangan terkait warga yang telah meninggal, pindah, atau tidak diketahui keberadaannya. Data yang tidak valid akan disesuaikan dengan informasi dari Dukcapil.


Ridwan Rahim menjelaskan bahwa pengumpulan data dilakukan melalui sistem "Jemput Bola," memberikan waktu RT/RW memberikan rekomendasi warga sesuai indikator dari Dinsos Kota Makassar. Tim dan operator kelurahan melakukan muskel tingkat RW untuk memvalidasi data warga, memastikan kesesuaian dengan indikator yang ditentukan sebelum diinput ke dalam usulan DTKS.


Ridwan Rahim menargetkan 300 KK dari 340 KK yang masuk selama penjaringan akan diusulkan masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di akhir tahun 2023. Upaya ini diharapkan dapat memastikan keakuratan data dan keterjangkauan bantuan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kelurahan Panaikang.(Yahya)

Editor; Dellate