Senin, 29 Januari 2024

Bantaeng Raih Survey Penilaian Integritas Tertinggi diProvinsi Sulawesi Selatan dengan Nilai 76,41 dari Komisi Pemberantasan Korupsi

Tags

Pj Bupati Bantaeng DR H.Andi
Abu Bakar SIP.MSi

BN Online Bantaeng, ---- Baru beberapa bulan menjabat, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bantaeng,DR.H.Andi Abu Bakar, berhasil menorehkan sejumlah prestasi, salah satunya adalah Survei Penilaian Integritas (SPI) dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Kabupaten Bantaeng berhasil menempati peringkat satu tertinggi dari 24 Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.


Pemerintah Kabupaten Bantaeng telah mendapatkan nilai yang tertinggi diSulawesi Selatan dengan hasil Survey Penilaian Integritas Tahun 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Penjabat Bupati Bantaeng DR.H.Andi Abu Bakar SIP.MSi mengapresiasi setinggi - tingginya pencapaian Hasil Survey Penilaian Integritas di Sulawesi Selatan,dengan indeks prestasi 76,41.


"Suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi kami selaku Penjabat Bupati Bantaeng atas capaian ini,dengan capaian yang diberikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) bisa kita pertahankan Survey Penilaian Integritas ( SPI )".Ucap Andi Abu Bakar.


"Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh OPD yang telah bekerjasama atas keberhasilan kita,atas pengelolaan keuangan dan anggaran,dan ini dukung oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Bantaeng atas kerja - kerjanya selama ini".terang Pj Bupati Bantaeng.


"Ini adalah capaian yang luar biasa bagi pemerintah Kabupaten bantaeng yang tertinggi diantara 24 Kabupaten/ Kota di Sulawesi Selatan dan kami sampaikan terima kasih sebanyak - banyaknya kepada seluruh OPD".tambahnya.

Kepala Inspektorat Bantaeng
DR.Rivai Nur


Menurut Kepala Inspektorat Kabupaten Rivai Nur mengatakan,"Jadi hampir setiap tahun itu dilaksanakan penilaian di setiap Kabupaten/ Kota di Sulawesi Selatan dari hasil survey termasuk penilaian disektor pelayanan publik seperti MPP, Perindag, Dinas Kesehatan, Disdukcapil".Ucap Kepala Inspektorat Bantaeng Rivai Nur.Senin 29 Januari 2024 di ruang kerjanya 


"Dan mengukur sampai sejauh mana integritasnya, pengelolaan keuangan dan anggaran di kabupaten bantaeng,jadi survey itu dilakukan setiap tahunnya, dan semua pegawai di lingkup pemerintah bantaeng itu diukur bagaimana pengelolaan pengadaan barang dan jasa,ini sudah tahun ke 3,capaian survey penilaian integritas di tahun 2023, sementara ditahun 2022 kita masuk dalam 10 besar dengan SPI 75.19 terang Rivai Nur.


Dari kita melihat tabel ini,cuma Bantaeng yang mengalami peningkatan yang besar dari 75.19 naik menjadi 76.41di 24 Kabupaten/ Kota se - Sulawesi Selatan, dibandingkan kabupaten lain banyak yang menurun drastis,hanya bantaeng yang mampu meningkat survey penilaian integritasnya.


"Jadi, seluruh pegawai negeri sipil yang ada di Kabupaten Bantaeng itu,ada disuruh isi kuisioner yang masuk HP Androidnya,ada beberapa pertanyaan itu yang harus diisi,bahkan juga masyarakatpun ikut serta seperti dibeberapa pelayanan ada yang diisi". jelasnya.


Kita disini hampir semua stakeholder, ketika ada pertanyaan kita konfirmasi dan yakinkan kepada teman - teman ASN itu harus di isi,untuk mengukur survey bagaimana antisipasi kejahatan korupsi di daerah kita.


Jadi ada tiga klasifikasi yang bisa Survey Penilaian Integritas yang pertama Internal lingkup pemerintah kabupaten bantaeng,kedua eksternal itu adalah Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri,yang ketiga adalah ekspert yakni Pengacara,pers ( wartawan ),Hipmi,BPK,BPKP, Ombudsman.


Sekedar diketahui ekspert  adalah orang yang ahli di bidang tertentu dengan kemampuan untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khayalak. Para pakar dimintai nasihat dalam bidang terkait mereka, tetapi mereka tidak selalu setuju dalam kekhususan bidang studi. 


Editor Edhy Bidik Nasional