Selasa, 23 Januari 2024

Kegiatan Nobar Film "Pulang Tak Harus Rumah" Meningkatkan Kesadaran Kearifan Lokal di SD Mariso I Kota Makassar


BN Online | Makassar 23 Januari 2023 - Bioskop Mall Phipo menjadi saksi kegiatan nonton bareng yang berkesan bagi sekitar 135 siswa dan guru SD Inpres Mariso I. Dipimpin oleh Kepala UPT SPF SDI Mariso I, Bapak Samino, acara ini bertujuan meningkatkan karakter siswa sesuai dengan nilai kearifan lokal.



Film yang dipilih, "Pulang Tak Harus Rumah", memberikan pesan mendalam tentang pentingnya menghargai tradisi dan akar budaya. Dengan penuh semangat, siswa-siswi terhanyut dalam alur cerita yang memukau, sambil meresapi nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. 




Bapak Samino, selaku penanggung jawab acara, menyatakan, "Kegiatan ini bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga merupakan upaya nyata untuk memperkokoh identitas budaya anak-anak kita. Melalui film ini, kami berharap mereka dapat lebih menghargai kearifan lokal dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari."


Sementara itu, para guru pendamping turut berperan aktif dalam menyemangati siswa-siswi untuk merenungkan pesan-pesan moral yang terdapat dalam film. Mereka juga menjelaskan secara lebih mendalam tentang makna-makna kearifan lokal yang tercermin dalam setiap adegan.


Menariknya, suasana kebersamaan dan kekompakan terlihat jelas di antara siswa-siswi, yang secara bersama-sama menanggapi momen-momen penting dalam film. Setelah selesai menonton, diskusi singkat pun dilakukan untuk menggali pemahaman lebih dalam tentang pesan-pesan yang disampaikan.


Diharapkan, kegiatan nonton bareng ini tidak hanya menjadi momen sekali-kali, tetapi juga menjadi tonggak awal bagi siswa-siswi SD Inpres Mariso I untuk lebih menginternalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan mereka. Dengan demikian, diharapkan generasi muda ini akan menjadi penerus bangsa yang berkarakter kuat dan tetap memegang teguh warisan budaya leluhur. (Andi Achy)


Editor: Dellate