Rabu, 15 September 2021

Akreditasi Perpustakaan, Kepsek SDI Banta-Bantaeng 1 Serahkan Boran Ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Makassar



BN Online, Makassar -- Salah satu tugas perpustakaan nasional adalah menerapkan standar nasional perpustakaan. Selanjutnya untuk mengukur sejauh mana tingkat pelaksanaan standar nasional perpustakaan semua jenis perpustakaan, untuk itu perlu dilakukan akreditasi perpustakaan. 


Hal inilah yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Makassar yang menerima Boran akreditasi perpustakaan Ceria UPT SPF SDI Banta-Bantaeng 1 yang berlokasi di wilayah Kecamatan Rappocini Makassar.


Melalui sambungan Via WhatsApp-nya, Hj. Baena, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah berkata, serah terima Borang akreditasi perpustakaan Ceria ini diberikan langsung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Makassar melalu Kepala Sekolah (Kepsek) UPT SPF SDI Banta-Bantaeng 1 Makassar. 


Kedatangan Dinas kearsipan dan Disdik ke sekolah ini adalah kedua kalinya. Awal kedatangan mereka ke sekolah ini adalah untuk memverifikasi akreditasi nasional perpustakaan Ceria sekolah kami, Alhamdulillah saat ini kami memberikan Boran akreditasi perpustakaan. Selanjutnya mereka menyerahkan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sulsel untuk dilanjutjan ke Perpustakaan Nasional sebagai bukti dokumen siap dinilai untuk Akreditasi Nasional, imbuhnya. 


Hj. Baena, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, pengembangan perpustakaan harus terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh civitas akademik yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, dalam hal ini salah satunya melalui kegiatan Akreditasi Perpustakaan.


Ini sesuai Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dalam Bab I Pasal 1 (1) Perpustakaan adalah institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka, jelasnya. 


Tambahnya, "selanjutnya kami menyerahkan Boran Perpustakaan Ceria SDI Banta-Bantaeng 1 Ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar langsung di terima oleh Pak Tulus."


Olehnya itu, selaku kepala sekolah Hj. Baena, S.Pd., M.Pd., berharap, semoga kedepannya perpustakaan sekolah SDI Banta-Bantaeng 1 Makassar bisa lolos menjadi perpustakaan Nasional dan makin maju maju lagi, tutupnya.(ILHO)