Selasa, 09 November 2021

Staf Ahli Menkumham Beri Penguatan Zona Integritas di Kemenkumham Sulsel

Tags


BN Online Makassar,--Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Politik dan Keamanan, Y. Ambeg Paramarta beri penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) kepada Kepala Lapas, Rutan, Kantor Imigrasi (Kanim), Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) dan Kepala Balai Harta Peninggalan (BHP) di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Selasa (09/11). Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh  Unit Pelaksana Teknis (UPT) kemenkumham Sulsel . 


Dalam arahannya, Ambeg mengatakan bahwa Zona Integritas (ZI) adalah salah satu mekanisme untuk mempercepat Reformasi Birokrasi, menuju pemerintahan berkelas dunia. 


Sesuai  Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010, yang ingin dicapai adalah penyelenggaraan birokrasi yang efektif, efisien dan ekonomis, terfokus pada upaya untuk mewujudkan hasil (outcomes), penerapan manajemen kinerja yang didukung dengan penerapan sistem berbasis elektronik, dan setiap pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja organisasi. 


Lebih lanjut, Terkait Pembangunan Zona Integritas Ambeg mengatakan bahwa ada tujuh Faktor Keberhasilan  yakni 1. Pimpinan dan Tim Kerja dapat meyakinkan Evaluator mengenai perubahan yang telah dilakukan, 2. Komitmen yg kuat dari  pimpinan dan jajaran , 3. Sarana dan Prasarana tertata dengan Baik, 4. Adanya Transparansi  5. Internalisasi Pembangunan ZI 6. Adanya  program unggulan , dan 7. Inovasi yang dibuat bermanfaat terhadap layanan. 


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan bahwa pada tahun 2021 telah mengusulkan 3 Satker menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Nelayani) yakni Kanwil Sulsel, Lapas Watampone, dan Rutan Pinrang dan 10 Satker menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) yakni Lapas Makassar, Rutan Makassar, Bapas Makassar, Lapas Takalar, Lapas Bulukumba, Rutan Barru Watansoppeng, Enrekang, Sidrap, dan Makale. 


Saat ini Di jajaran Kanwil Sulsel ada  1 Satker telah berpredikat  WBBM yakni Kanim Makassar dan 6 Satker telah berpredikat  WBK yakni Kanwil Sulsel, Lapas Watampone, Rutan Pangkajene, Rutan Pinrang , Kanim Parepare, dan Bapas Watampone. 


Kegiatan penguatan inj diikuti oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Koordinator Pokja Pembangunan ZI se-Sulsel yang dilaksanakan secara langsung untuk satker di sekitar Kota Makassar dan lainnya ikut secara virtual melalui aplikasi Zoom.( Edhy Bidik Nasional )