Rabu, 15 Juni 2022

KKG Gugus 1 Kecamatan Makassar Gelar Workshop Wujudkan Makassar Metaverse

Tags


 

BN Online, Makassar - Gerakan untuk mensukseskan program pemerintah kota Makassar menuju kota Metaverse melalui dinas pendidikan terus bergeliat. Berbagai pelatihan maupun lokakarya pembuatan Media Pembelajaran mendukung Metaverse dalam pembelajaran.




Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Kec. Makassar pada tanggal 13-14 Juni 2022 bertempat di SD Negeri Bawakaraeng 1.


Kegiatannya dalam Workshop pembuatan Media Pembelajaran berbasis Virtual Reality Menuju Makassar Kota Metaverse bekerjasama dengan Millealab Jakarta dan Pendekatan VR kota Makassar bapak Muhammad Hijrat dan Pak Rasyid.


Kadisdik Kota Makassar, H. Muhyiddin, SE.,MM, saat memberikan sambutan dan membuka acara sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, KKG adalah pusat pengembangan kompetensi guru. Di sana mereka berkumpul untuk membahas dan memecahkan berbagai masalah dalam dunia pendidikan. Termasuk membuat dan mengimplementasikan program yang mendukung program pemerintah di bidang pendidikan.


"Kita harapkan semua KKG harus aktif membuat berbagai program pelatihan. Diharapkan semua KKG membuat program setahun, isinya berupa program yang mendukung 18 revolusi pendidikan, Metaverse dalam pendidikan, dan implementasi kurikulum merdeka," katanya 


Kadisdik Kota Makassar memberikan apresiasi kepada pengurus K3S Kec. Makassar dan Pengurus Gugus I Kec. Makassar yang telah maju secara progresif mendorong KKG di wilayahnya aktif berkegiatan pengembangan kompetensi guru.


Dikatakannya, semoga apa yang dilakukan di Kecamatan Makassar ini dapat dicontoh dan diikuti oleh Kecamatan lain," pungkasnya 


Kepala SD Negeri Lariangbangi 1, Sudirman sebagai Ketua Gugus menyampaikan, Gugus I Kecamatan Makassar akan terus berupaya mewujudkan KKGnya secara aktif. Kita mendorong KKG ini untuk terus membuat berbagai kegiatan yang dibutuhkan dalam pengembangan Kompetensi Guru. Kita bangga karena KKG Gugus 1 telah berani melakukan kegiatan ini padahal masih banyak KKG yang belum melaksanakan Workshop pembuatan Media Pembelajaran berbasis VR.


Ketua K3S, Muhammad Ja'far mengapresiasi gugus I dalam kegiatan ini. Ia sangat bangga karena KKG Gugus I Kec. Makassar adalah KKG pertama yang melakukan workshop pembuatan konten Makaverse Pendidikan di Kota Makassar. "Insyaallah kita akan dorong gugus lain untuk melaksanakan kegiatan ini," ujarnya 


Guru PJOK SD Negeri Bawakaraeng 1,Bapak Ega mengatakan, Ia sangat bersyukur karena diberikan kesempatan belajar membuat konten Makaverse ini. "Saya sebagai guru PJOK merasa tertantang membuat konten VR ini yang tentunya membantu dalam proses pembelajaran PJOK di sekolah," ungkapnya 


Kepsek SD Negeri Bawakaraeng 1, Alphian Sahruddin mengatakan, insyaallah kami akan terus mendorong guru-guru kami untuk terus belajar meningkatkan kompetensinya, salah satunya melalui kegiatan ini. Semua guru kami yang jumlahnya 21 orang kami ikutkan. Alhamdulillah mereka semua semangat dan berhasil membuat produk konten Makaverse dalam bentuk virtual reality. Untuk mendukung kegiatan pengembangan guru kami, insyaallah akan kami benahi ruang Aula untuk dapat terus dipakai sebagai tempat pusat pengembangan kompetensi guru di sekolah maupun KKG, " sambungnya.(*Ard)


Editor : Anas