Rabu, 13 Juli 2022

Bimtek IKM, KKG Gugus I Hadirkan Narasumber Nasional BBGP Yogyakarta

Tags

 


5


Himbauan Kadisdik Kota Makassar agar sekolah melaksanakan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023 disambut baik oleh guru-guru. Berbagai kegiatan sosialisasi, bimtek, Diklat, maupun belajar mandiri dilakukan untuk menyukseskan maksud besar tersebut.




Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Kec. Makassar bersama 30 guru yang terdiri dari guru kelas 1, kelas 4, guru PAI, guru PJOK, dan guru Bahasa Inggris melaksanakan bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka selama 2 hari secara Luring dilanjutkan daring selama 3 hari.



Kegiatan Luring dilaksanakan Selasa-Rabu, 12-13 Juli 2022 di Aula UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1 Makassar. Dalam kegiatan ini hadir sebagai Narasumber pertama adalah ibu Estina Ekawati, S.Si.,M.Pd.Si. beliau adalah Widyaiswara sekaligus Koordinator IKM Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Dalam paparannya, Estina menyampaikan, terkait dengan Kebijakan dan Dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia. Selain itu ia juga menyampaikan, tentang bagaimana seharusnya para guru melakukan agar implementasi kurikulum merdeka ini.


Tidak ada pelatihan berjenjang seperti saat implementasi K13 dulu. Para guru diharapkan belajar mandiri tentang IKM melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang sudah disediakan pemerintah, Webinar, atau pelatihan mandiri dengan menghadirkan narasumber atau pelatih yang memahami tentang IKM.


Berharap kemandirian ini semakin mendorong para guru untuk meningkatkan kemampuan literasi dan belajar mandiri. Selama masih bisa belajar lewat PMM maka kurangi bertanya kepada orang. Insyaallah jika ini berjalan, maka sekaligus mendongkrak kemampuan literasi para guru,” pungkasnya.


Pemateri kedua adalah Andi Muhammad Zubair, S.Pd. Beliau adalah salah satu guru di SDIT Wahdah Islamiah Makassar. beliau merupakan peserta terbaik Bimtek IKM yang diadakan oleh BBGP Jawa Timur di Malang. Beliau memberikan materi terkait bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka dari aspek Administrasi.


Selanjutnya, pemateri ke-3 adalah Alphian Sahruddin, S.Pd.,M.Pd. yang merupakan kepala sekolah SD Negeri Bawakaraeng 1. Beliau merupakan Agen Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Berkolaborasi dengan Zubair mereka membantu para guru membuat perangkat pembelajaran yang dibutuhkan pada tahun ajaran nantinya.


Adapun materi yang diberikan adalah terkait dengan jadwal pembelajaran, menganalisis CP dan menjabarkan dalam Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pembelajaran dan Penilaian, dan Laporan Hasil Belajar.


Kegiatan ini dibuka oleh Muhammad Ja'far, S.Pd.,M.Pd. (Ketua K3S Kec. Makassar). Ia sangat mengapresiasi Gugus I karena mampu menghadirkan Narasumber Nasional dalam kegiatannya. Semoga dapat diikuti oleh KKG lainnya, " ucapnya


Peserta mengikuti dengan penuh semangat. Alhamdulillah mereka semua dapat memahami materi dengan baik.


Guru kelas 4 SD Lariangbangi 1, Bu Melda menyampaikan, Insyaallah kami siap melaksanakan IKM tahun ini, " ujarnya

Bu Nur Aisyah Ketua KKG menyampaikan, kegiatan ini sengaja kami rancang seperti ini agar memberikan semangat kepada para guru. Pemateri yang kami pilih juga adalah yang paham dan sangat jelas dalam menyampaikan materinya. Insyaallah kegiatan KKG kami akan selalu up to date terhadap permasalahan-permasalahan dan kebutuhan guru dalam mengajar, "ungkapnya 


Ketua Gugus I bapak Sudirman, M.Pd. saat menutup kegiatan, KKG merupakan pusat belajar guru. Kepala sekolah hanya memberikan dorongan dan dukungan agar KKG berjalan dengan baik. Insyaallah apapun kegiatan terkait dengan pengembangan kompetensi guru melalui KKG di gugus 1, akan kita dukung, " ucapnya sambil menutup secara resmi kegiatan bimtek (*/Ard)

Editor : Nasution