Kamis, 14 Juli 2022

Bincang Ke 21 Pusat Kajian Kebudayaan Gayo Bahas Busana Orang Gayo.

Tags

Bincang Ke 21 Pusat Kajian Kebudayaan Gayo Bahas Busana Orang Gayo.
BN Online ; Aceh Tengah- Pusat Kajian Kebudayaan Gayo kembali melanjutkan kegiatan perbincangan. "Sekarang, masuk bincang ke-21. Topiknya, busana orang Gayo, dengan pemateri anak Reje Linge Asa,  Ibu Maimunah. 20 bincang sebelumnya, sudah dibahas secara berseri tentang budaya, sejarah, seni, kopi, bahasa, kuliner, keanekaragaman hayati, dan alat musik tradisional di Dataran Tinggi Gayo: Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Bener Meriah, Lokop Serbejadi Aceh Timur, dan Kalul Aceh Tamiang," kata Yusradi Usman al-Gayoni, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Kamis (14/7/2022)

Dilanjutkan Yusradi, Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, mau melihat, bagaimana busana orang Gayo, dalam lingkungan Kerajaan Linge,  pakaian dalam kehidupan sehari-hari, serta busana dalam perkawinan dan kegiatan adat lainnya. "Sesi pembuka, dinarasumberi Ibu Maimunah. Selaku Putri Reje Linge, Ibu Maimunah akan memaparkan, bagaimana busana orang Gayo zaman dahulu, baik di lingkungan Kerajaan Linge maupun di luar lingkungan kerajaan, masyarakat," sebutnya. 

Termasuk, ungkap Konsultan Kajian Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Pengelolaan dan Pelestarian Warisan Budaya Dataran Tinggi Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI tahun 2019 itu, perubahan-perubahan yang terjadi dalam busana orang Gayo. Terutama, di tiga ranah tadi.

"Di seri berikutnya, akan didalami, jenis-jenis busana tadi, bahan dan cara pembuatannya. Busana yang kemungkinan sudah punah. Termasuk, hasil hakian, penelitian, dan literatur terkait," pungkas Yusradi.

Bincang Busana Orang Gayo, aku Yusradi akan digelar pada Minggu malam (17/7/2022) secara terbuka melalui Zoom Meeting, mulai pukul 19:30-21:00 WIB, dan bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/83662657926?pwd=ZjJWQkJrS2pEa1B3YVUzNWYyYUc4QT09, Meeting ID: 836 6265 7926, dan Passcode: 370514

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni