Sabtu, 19 November 2022

Kolaborasi IBK Nitro Bersama Masdaeng Komunikasi Makassar Meciptakan Ekosistem Bisnis Ekspor

Tags


 

BN Online, Makassar - Tema :

Kolaborasi Menciptakan Asmosfer Bisnis Ekspor UMKM dan Profesional

Rencana kolaborasi program edukasi dan literasi produk ekspor UMKM dan profesional, IBK Nitro bersama Masdaeng Komunikasi Makassar, difasilitasi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Ashary Ansar, S.E., M.Si. didampingi Staff LPPM M. Fahrul Husni, S.E.,M.M, dihadiri Kepala Program Studi Perdagangan Internasional Dr. Ceska Kusumadewi Baharuddin, S.E.,M.M beserta Dosen Prodi Perdagangan Internasional dan Trainer Masdaeng Komunikasi Makassar Budhi Krisnanto, S.E., M.M. diadakan di Ruang Rapat LPPM Gedung IBK Nitro Lt. 2 Makassar, Sabtu (19/11/2022).


Produk UMKM memiliki potensi sangat besar menembus pasar ekspor, masih banyak pelaku bisnis belum memahami prosedur dan mekanisme supaya produk bisa diekspor ke luar negeri. Langkah yang harus ditempuh pelaku bisnis produk bisa diekspor, persiapan administrasi berupa profil perusahaan, legalitas eksportir diantaranya Nomor Induk Berusaha (NIB), produk ekspor berupa kuantitas, kualitas, pengemasan, pelabelan, pendanaan dan waktu pengiriman serta operasional meliputi proses ekspor, dokumen ekspor dan pemasaran produk.


Kolaborasi menelurkan gagasan dan menyelesaikan masalah secara bersama sama merupakan kunci pemikiran kreatif mencapai hasil yang terbaik. Langkah pelaku bisnis terakomodasi dengan pelatihan praktek bisnis berdasarkan pengalaman terbaik di bidang ekspor dan pendampingan UMKM dan profesional.

Ditulis oleh :

Budhi Krisnanto,