Minggu, 05 Maret 2023

Mahasiswa Ekonomi Islam Unismuh Makassar Gelar PKM Hibah RisetMu di Pulau Barrang Lompo, Sangkarrang



BN Online, Makassar, 5 Maret 2023 - Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, sukses menggelar Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Hibah RisetMu di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar pada Ahad, 5 Maret 2023.


Kegiatan ini merupakan langkah nyata dari Program RisetMu dengan tema "Praktik Jual Beli Teripang dalam Perspektif Bisnis Islam di Pulau Barrang Lompo". Sebagai pembicara, Dr H Muhammad Najib Kasim SE MSi, ketua tim Pengabdian Masyarakat dan Ketua Prodi Ekonomi Islam, berbagi pemahaman tentang konsep bisnis syariah, penipuan, kecurangan, dan pentingnya kejujuran dalam bisnis Islam.


Nardy Noerman Najib SHut MLing dari Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi - BRIN, bersama mahasiswa Prodi Ekonomi Islam, seperti Hermansyah, Astia Nasir, Dani Abdillah, dan Husnul Khatimah, turut aktif dalam kegiatan ini. Moderator, M Yusuf K SE ME, turut memastikan kelancaran diskusi.


Dalam presentasinya, Dr H Muhammad Najib Kasim SE MSi menyoroti tantangan dan peluang dalam perkembangan teknologi informasi, serta urgensi penerapan etika bisnis Islam. Hal ini menciptakan panggung kolaborasi untuk membangun ekosistem bisnis terintegrasi dengan kemajuan teknologi.


Nardy Noerman Najib SHut M Ling menyoroti adaptasi masyarakat terhadap kemajuan teknologi digital. Terutama, nelayan teripang di Pulau Barrang Lompo diharapkan mampu memanfaatkan teknologi untuk pengembangan bisnis secara digital.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh masyarakat Pulau Barrang Lompo, H Baharuddin, yang menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut serta. Dalam keterangannya, H Baharuddin berharap program pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan jangkauan pasar masyarakat nelayan di Pulau Barrang Lompo melalui bisnis digital.


PKM ini juga melibatkan puluhan masyarakat Pulau Barrang Lompo, termasuk siswa-siswi SMA. Sebagai upaya lebih lanjut, kegiatan ini juga menjadi sarana sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Ekonomi Islam FEB Unismuh Makassar, mengajak generasi muda untuk terlibat dalam studi Ekonomi Islam.