Sabtu, 01 April 2023

Warga Datu Uyem Berduka,18 Unit Rumah Habis Di Lahap Sijago Merah

Tags

Warga Datu Uyem Berduka,18 Unit Rumah Habis Di Lahap Sijago Merah
BN Online ; Takengon- Sijago merah hanguskan 18 (Delapan Belas) unit rumah milik masyarakat di Dsn. Datu Uyem Kp. Kemili Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Jumat (31/03/2023).

Menurut informa pukul 17.20 Wib, saksi Suryono pulang berjualan dan kembali ke rumah nya, lalu sdr. Suryono melihat asap kecil dari dalam rumah saudara Mirimin, rumah tersebut sering kosong atau rumah singah saja, berdempetan 1 (satu) atap dengan rumah saksi Suryono mengambil 1 (Satu) ember air kedalam kamar mandi rumah nya dan berusaha memadamkan api yang keluar dari rumah Marimin. tetapi api semakin membesar  kemudian  Suryono memberitahu istrinya yang sedang memasak di dapur rumah nya, lalu berusaha menyelamatkan anak dan istrinya dan berteriak dengan berlari keluar dari rumah untuk meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar.

Dengan kejadian tersebut Babinsa Sertu Zulkarnain mengatakan dia mendapat informasi ada kebakaran di Wilayah Binaan Teritorialnya, dirinya langsung bergegas mendatangi TKP untuk mengevakuasi warganya dan menetralisir api agar tidak membesar dan menjalar kerumah warga lainnya sambil menghubungi pihak Damkar.
Bersama Damkar dan dibantu warga masyarakat, bergotong royong memadamkan kobaran api yang telah membakar rumah  namun hampir keseluruhan komplek tersebut ludes di lahap sijago merah karena Jalan sangat sulit dan sempit untuk dilalui  Damkar masuk ke komplek tersebut pukul 18.45 Wib, api telah berhasil dipadamkan dengan 6 (Enam) unit pemadam kebakaran dan dibantu satu unit dari kab, Bener meriah dan dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, dan untuk kerugian diperkirakan 2.000.000.000 (Dua Milyar Rupiah),
Dugaan sementara api berasal dari kosleting listrik dan masih didalami oleh pihak yang berwajib.

Dengan kejadian tersebut, Sertu Zulkarnain menghimbau kepada Masyarakat agar lebih berhati-hati dengan aliran listrik, apabila ada jaringan listrik yang sudah rusak laporkan ke PLN agar segera mendapat penanganan yang cepat dan tepat, guna menghindari kejadian serupa."Tutupnya".

Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M.Han Menanggapi peristiwa tersebut, megucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Babinsa Koramil 02/Bebesen selanjutnya mengintruksikan untuk membantu pihak keluarga korban kebakaran tersebut.

Dimana Babinsa adalah ujung tombaknya satuan, oleh karena itu Babinsa juga harus tanggap, sigap dan cepat mengetahui situasi dan kondisi di wilayah binaannya, tetap semangat, dalam pengabdian yang terbaik.

Selalu ada di tengah – tengah warga dalam setiap kondisi termasuk membantu warga yang tertimpa musibah seperti yang dialami warga tersebut diatas, merupakan suatu keharusan dan panggilan tugas bagi prajurit termasuk para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0106/Aceh Tangah." Ungkap Komandan Kodim".


Editor : Riga Irawan Toni