Sabtu, 20 Mei 2023

Undipa Makassar Laksanakan Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang



BN Online, Makassar, 20 Mei 2023 -- Universitas Dipa (Undipa) Makassar menjalankan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan dukungan Pemerintah Kota Makassar. Kerjasama ini terwujud dalam workshop IT bertema "Digital Marketing Dalam Upaya Penguatan UMKM Naik Kelas" di Kelurahan Kodingareng.


Rektor Undipa Makassar, Dr Y Johny W Sowtikno SE MM, serta tim dosen PKM, berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Makassar, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, dan Lurah Kodingareng, Ronny Catur Prabowo. Ketua Panitia PKM, Muh Khaddafi, SE MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan daya saing UMKM di Kelurahan Kodingareng.


"Kunci dalam mewujudkan UMKM naik kelas adalah edukasi, perluasan pasar, dan pendanaan. Teknologi hadir untuk memudahkan, tinggal bagaimana kita bijak memanfaatkannya dalam berwirausaha," ujarnya.


Pelaku UMKM di Kelurahan Kodingareng dibekali pengetahuan tentang dokumen legalitas usaha, pondasi bisnis yang kuat, serta strategi pemasaran digital seperti Social Media Marketing (SMM). Tim dosen PKM memberikan pelatihan tentang Branding, Content Marketing, SEO, SMM, Paid Media, Digital Ads, dan Digital Marketing Analytics.


Dalam peningkatan nilai jual produk di marketplace, pebisnis diajarkan Social Media Ads, Social Commerce, Nano Influencer Marketing, Augmented Reality, Live Streaming, dan Customer Service.


Tim dosen PKM, Sadly Syamsuddin, SKom MT, menyatakan kegembiraannya atas lancarnya pelatihan IT. "Alhamdulillah kegiatan PKM berjalan lancar dan penuh antusias peserta. InsyaAllah, bermanfaat bagi pengembangan UMKM di Makassar," ucapnya. Undipa Makassar terus berkomitmen memberikan kontribusi positif untuk penguatan ekonomi masyarakat melalui tridarma perguruan tinggi.